Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari agar sebuah website dapat mendapatan posisi teratas pada mesin pencarian. Lalu sebenarnya apa itu SEO? Berikut akan dijabarkan tentang apa itu SEO

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan serangkaian proses sistematis yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan pada sebuah web melalui mesin pencari dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut. Tujuannya adalah agar sebuah web dapat menempati posisi teratas atau setidaknya berada pada halaman pertama mesin pencari.

Secara sederhana, SEO dapat diartikan sebuah tidakan pengoptimalan sebuah website agar dapat menempati posisi teratas pada mesin pencari berdasarkan kata kunci yang sesuai.

Apabila website menempati posisi teratas pada mesin pencari maka potensi trafik organik pun akan meningkat.

Salah satu hal yang harus anda pahami adalah SEO bukan merupakan pekerjaan yang selesai pada sekali waktu. SEO merupakan pekerjaan yang berkelanjutan, yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Sebelum anda mengenal lebih lanjut tentang SEO, ada baiknya jika anda memahami cara kerja SEO Google terlebih dahulu. Berikut bagaimana cara kerja SEO Google:

1. Crawling

Cara kerja SEO yang pertama adalah crawling atau perayapan. Adalah proses pengambilan data pada semua halaman web. Proses ini dilakukan oleh sebuah software yang disebut crawler/spider atau Googlebot pada mesin pencarian google. Agar spider atau googlebot mampu melakukan crawling pada sebuah website, pastikan situsnya memiliki meta tag “index/Follow” dan tidak dicekal lewat kode;“robots.txt.

2. Indexing

Cara kerja selanjutnya setelah crawling adalah indexing. Indexing adalah proses identifikasi konten atau artikel yang ada pada sebuah website dengan kata kunci tertentu yang kemudian membuatnya dapat masuk ke dalam database mesin pencari dengan kata kunci atau keyword tertentu. Singkatnya indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang akan disimpan dalam database.

3. Processing

Ketika sebuah mesin encari menerima request atau permintaan dari pengguna, maka mesin pencari tersebut akan melakukan sebuah proses yang membandingkan kata kunci dengan request atau permintaan dari pengguna tersebut. Sebagai contoh jika anda mengetikan kata kunci “pengertian seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari akan membandingkan kata tersebut kunci dengan halaman website yang telah terindeks dalam database mesin pencari tersebut.

4. Calculating Relevancy

Dalam proses ini, mesin pencari akan melakukan proses kalkulasi atau perhitungan relevansi dari setiap halaman website yang telah terindeks dengan keyword yang yang dicari.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir yaitu Retrieving Result atau mengambil hasil yang paling relevan dengankata kunci yang telah diproses sebelumnya dan menampilkannya pada halaman hasil pencarian.

Untuk menjamin kualitas pencarian kata kunci, search engine dalam prakteknya mengggunakan seperangkat aturan yang disebut Algoritma. Algoritma pada mesin pencari memastikan setiap orang dapat memperoleh informasi yang relevan dari sumber yang terpercaya.

Manfaat SEO

SEO sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk sebuah website, yang tentu saja akan memberikan dampak yang positif bagi pemilik website atau blog. Nah, berikut manfaat SEO:

  1. Meningkatkan trafik pengunjung website melalui mesin pencari
  2. Menjadikan sebuah website dapat dikenali oleh search engine atau mesin pencari
  3. Membuat website berada di posisi pertama atau halaman awal dalam hasil pencarian pada mesin pencari
  4. Menaikkan Rating Website
  5. Membuat konten website menjadi lebih relevan dengan pencarian dengan mengggunakan keyword tertentu
  6. Membuat website lebih berkualitas dan tentunya dapat bermanfaat bagi pengunjung
  7. Tidak membutuhkan biaya besar bahkan GRATIS
  8. Menaikkan Brand Awareness
  9. Penjualan produk melalui website akan lebih meningkat
  10. Secara tidak langsung dapat mendatangkan provit bagi anda sebagai pebisnis
  11. Teknik promosi paling mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar

Teknik SEO

Terdapat dua teknik SEO, yaitu teknik SEO on page, dan teknik SEO of page. Berikut penjelasannya:

SEO On Page

SEO on page lebih berfokus pada optimalisasi halaman situs agar dapat menaikan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Optimalisasi halaman berguna untuk meningkatkan trafik organik sebuh blog atau website. Penerapan SEO on page terfokus pada penggunaan dan penempatan keyword atau kata kunci pada judul, meta deskription, dan tags H1, optimasi search intent, memaksimalkan kecepatan loading halaman, URL yang singkat, dan penggunaan alt tags deskriptif pada gambar.

SEO Off Page

SEO Off page lebih terfokus pada pengoptimalan faktor-faktor dari luar halaman website atau blog, dengan tujuan meningkatkan peringkat web pada mesin pencari. SEO of page terfokus pada link building.

Baca Juga : Perbedaan On-page SEO dan Off-page SEO

Panduan Strategi SEO Untuk Pemula

Jika anda masih dalam tahap awal dalam pembelajaran SEO atau masih dalam tahap pemula, aanda dapat menyimak penjelasan berikut agar website anda bisa semakin optimal.

1. Riset Kata Kunci / Keyword

Keyword atau kata kunci merupakan kata-kata yang diketik pada search engin atau mesin pencari. Jadi riset keyword sendiri berarti menganalisa dan mencari tahu kata kunci yang sering diketik user pada mesin pencari. Kata kunci merupakan hal yang sangat penting untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada web atau blog. Kata kunci yang benar dan tepat sasaran tentu akan sangat memberikan nilai positif pada blog anda, karena dapat meningkatkan presentase website anda berada pada halaman pertama mesin pencari. Anda dapat menggunakan berbagai SEOTools yang tersedia untuk membantu anda dalam meriset kata kunci.

2. Gunakan Domain Berisi Keyword

Memasukan kata kunci ke dalam domain akan dapat membantu mesin pencari untuk dapat fokus ke website yang anda buat. Ini merupakan salah satu trik yang dapat anda coba untuk meningkatkan trafik pada website anda.

3. Perhatikan plugins SEO

Terdapat beberapa plugins pendukung yang dapat membantu SEO pada website anda, seperti contohnya beberapa plugins pada WordPress yang akan sangat membantu SEO pada situs anda, diantaranya Yoast WP SEO atau AA In One SEO Pac, Google XML Sitemaps, dan SEO Freiendly Images.

4. Buat Konten Berkualitas

Hal yang tidak kalah penting dalam strategi SEO adalah konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas penting untuk menambah nilai plus pada website anda. Hal ini memungkinkan pembaca untuk memberikan respon yang positif terhadap websie anda. Salah satu indikator konten berkualitas tentu saja memuat keyword yang sesuai dan telah di riset sebelumnya.

5. Bangun Backlink

Back link adalah sebuah link yang ada terdapat di berbagai halaman website atau yang lainna, yang akan mengarahkan ke halaman website anda. Anda dapat membuat backlink pada konten yang teah anda bagikan, dengan menaruh link yang relevan dengan konten yang telah anda buat.

6. Perhatikan Penamaan Gambar

Selain beberapa hal yang telaj disebutkan, penamaan pada gambar pada konten pun perlu diperhatikan. Optimasi gambar pada konten dengan cara menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar tersebut sesuai keyword

Sekian beberpa penjelasan singkat mengenai pengertian, cara kerja, manfaat dan teknik SEO. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version