Panduan Membuat Blog Gratis di Blogger.com untuk Pemula

Victory has a thousand fathers, but defeat is an orphan.

cara membuat blog di blog di blogspot

Blog merupakan salah satu jenis website informasi yang sifatnya lebih personal.  Meski demikian kita bisa membahas apa saja disana, karena blog lebih fleksibel dan tidak terlau formal seperti website berita.

Jaman dulu orang-orang menggunakan blog sebagai tempat curhat, share pengalaman, arsip laporan pekerjaan atau tugas dari sekolah. Namun seiring berjalannya waktu blog berubah fungsi menjadi sebuah platform untuk mencari uang di internet, media promosi produk, company profile hingga toko online.

Mungkin saat ini anda sedang mencari informasi bagaimana cara membuat blog gratis yang dapat menghasilkan uang? Sekarang anda berada di artikel yang tepat, silahkan baca sampai selesai ya.

Karena kita akan membangun blog gratis maka kali ini kita menggunakan blogger atau blogspot sebagai platform blog.

Mengapa Blogger.com?

  1. Gratis
  2. Suport SEO
  3. Space hosting tidak terbatas
  4. Mudah digunakan oleh pemula
  5. Banyak template gratis
  6. Mudah di optimasi
  7. Milik Google

Ya, tidak seperti wordpress.org, blogger tidak membutuhkan hosting, karena semua sudah disediakan oleh Google, anda tinggal membuat artikel saja disana.

WordPress, anda perlu membeli space hosting untuk mengonlinekan blog. Biasanya untuk hosting standar biayanya adalah 400 – 500rb pertahun.

Baiklah, sebelum memulai membuat blog anda harus daftar blog dulu di blogger.com. Silahkan ikuti step by step dibawah ini supaya tidak ada yang terlewat.

Mulai Daftar Blog di Blogger.com

1. Silahkan buka lama web Blogger.com, anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah. Silahkan klik Buat Blog.

Nanti anda akan disuruh memasukan nama email dan password. Jika belum punya silahkan buat akun Google terlebih dahulu dengan klik Create An Account.

2. Isi data dan informasi anda kemudian klik tombol Berikutnya. Pada laman berikutnya anda diminta untuk mengisi nomer telepon aktif, email pemulihan, tanggal lahir dan gender. Meski nomer telepon bersifat opsional namun anda wajib menuliskannya disana. Kenapa? karena jika suatu saat anda lupa password, anda bisa memulihkannya melalui nomer telepon aktif yang anda daftarkan tadi (Jika anda sudah punya akun google abaikan langkah ini dan langsung saja ke no. 3).

3. Selanjutnya kembali ke Blogger.com dan silahkan login dengan menggunakan akun yang anda buat tadi.

4. Setelah berhasil masuk ke dashboard admin Blogger.com, cari menu Blog Baru dan silahkan klik. Pada tahap ini anda sudah bisa membuat blog pertama anda.

5. Di laman selanjutnya anda akan melihat seperti gambar dibawah ini. Silahkan isi judul, alamat dan tema blog anda.


6. Selanjutnya klik Buat Blog!

7. Selamat blog Anda sudah terbentuk. Sekarang saat nya menulis artikel dengan cara klik Entri Baru. Namun sebelum posting artikel anda harus paham dulu menu-menu yang ada di blogger.

Mengenal Menu Pada Blogger

  1. Pos – Menampilkan semua artikel yang anda buat, baik yang sudah terpublish maupun dalam bentuk draft. Di menu ini anda juga bisa menghapus beberapa artikel sekaligus serta memberikan label agar tertata rapi.
  2. Statistik – Disini anda bisa melihat informasi statistik blog anda, seperti jumlah tayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, anda juga bisa melihat informasi tentang pengunjung, seperti dari mana mereka berasal, perangkat apa dan jenis browser apa yang mereka gunakan. Anda juga dapat melihat postingan yang paling banyak dilihat orang. Dengan adanya menu ini anda bisa mengetahui apakah jumlah tayangan hari ini naik atau cenderung turun. Jadi dengan menu statistik ini kita bisa melihat perkembangan blog kita dari waktu ke waktu.
  3. Komentar – Menampilkan komentar orang lain diblog anda, baik yang sudah diterbitkan, masih menunggu moderasi, dan komentar spam.
  4. Halaman – Menu ini menampilkan jumlah halaman yang ada di blog anda. Perlu anda ketahui bahwa halaman berbeda dengan pos. Anda tidak bisa membuat artikel disini, kenapa? karena bot Crawler Google akan lebih mengutamakan pos ketimbang laman. Jadi untuk menerbitkan artikel sebaiknya gunakan menu pos. Dan untuk menu halaman sendiri anda bisa menggunakannya untuk membuat About Us, Privacy Policy, Contact Us, dan Sitemap. Menu halaman ini sifatnya statis, sedangkan pos sifatnya dinamis.
  5. Tata Letak – Disini anda bisa kustom tampilan dengan cara drag and drop widget, seperti menambahkan popular post, recent post, label, menambahkan kode iklan adsense, atur facivon, logo blog, meta title, meta deskripsi dan lain sebagainya.
  6. Tema – Menu ini adalah tempat dimana anda dapat mengatur template atau tampilan blog. Anda bisa mengedit, mengganti dan menghapus tempale blog di menu ini.
  7. Setelan – Menu ini berguna untuk mengatur setelan blog anda, seperti pengaturan dasar, post dan komentar, email, bahasa dan peformatan, refrenesi penelusuran, setelan pengguna, dan lain sebagainya. Tidak disarankan merubah setelan dasar bawaan blog jika anda tidak mengerti. Sebaiknya anda baca dulu Cara Setting Pengaturan Blog Baru di Blogger agar SEO.
  8. Daftar Bacaan – Menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  9. Bantuan & Masukkan – Menampilkan beberapa tips dari google langsung yaitu bagaimana cara menggunakan blogger.

Setting Pengaturan Awal Setelan Blog

Setelah anda memahami menu-menu blogger, kini saatnya anda melakukan setting pengaturan awal blog. Langkah ini penting guna mempermudah robot google menelurusi blog anda, sehingga blog anda akan lebih cepat di indeks. Silahkan klik menu Setelan di dashboard admin blogger anda. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Cara Setting Setelan Blogger Agar SEO friendly.

Mulai Membuat Artikel

Sekarang anda sudah bisa mulai membuat artikel yang akan dibaca oleh jutaan orang diseluruh dunia. Jadi buatlah artikel sebaik mungkin untuk pengunjung blog anda. Bagaimana caranya? silahkan baca Cara Menulis Artikel SEO yang Menarik Untuk Dibaca.

  1. Klik Entri Baru untuk memulai
  2. Tulis judul yang memikat pembaca + mengandung kata kunci yang ditargetkan
  3. Tulis artikel yang menarik dan bermanfaat. Tambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup, dan jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci di alt image untuk meningkatkan SEO blog anda
  4. Tentukan Label artikel, misal: kesehatan, otomotif, sport dll
  5. Masukan permalink yang mengandung kata kunci yang ditargetkan, misal : cara-membuat-kue, cara-buat-blog, dll. Jangan terlalu panjang, buatlah 2-3 kata saja
  6. Isi Deskripsi Penelusuran yang mengandung kata kunci. Ini akan memudahkan artikel anda muncul di halaman 1 google
  7. Klik Publikasikan untuk menerbitkan artikel

Membuat Halaman Tentang Kami, Kontak Kami, Privacy Policy, dan Sitemap

Buat halaman Tentang Kami, Kontak Kami, Privacy Policy, dan Sitemap agar blog anda terlihat lebih profesional.

  1. Tentang kami – About Us atau Tentang kami memiliki peranan penting bagi blog anda. Halaman ini adalah gateaway utama untuk memperkenalkan diri anda kepada pembaca atau pencari informasi. Terutama bagi website perusahaan yang ingin memperkenalkan lebih dalam kepada para pengunjung website. Dengan begitu pengunjung akan merasa aman dan lebih mempercayai website perusahaan anda.
  2. Kontak Kami – Contact Us atau Kontak kami dibuat untuk memudahkan pengunjung saat mereka ingin berkontak langsung dengan pemilik blog atau website. Pengunjung juga bisa menyampaikan pendapat, kritik, pesan singkat, ide mereka disini.
  3. Privacy Policy – Halaman Privacy Policy kerap disepelekan pemilik blog atau website. Padahal laman ini memiliki peran penting agar blog anda memiliki kebijakan hukum. Pihak google sendiri menyarankan agar laman blog kita disisipi privacy policy. Ya, memang ini sangat penting, jika anda benar-benar ingin menekuni blog anda dengan sungguh-sungguh.
  4. Sitemap – Sitemap atau Daftar isi adalah laman yang menampilkan list postingan dan laman yang anda buat. Ini mirip seperti daftar isi pada buku. Kenapa saya menyarankan membuat daftar isi? ini penting, karena pembaca akan melihat struktur postingan anda. Hal ini juga bisa menambah jumlah pageview blog anda, yang tentunya menambah skor SEO blog anda.

Mengganti Tampilan Blog

Bagi anda yang kurang senang menggunakan template bawaan blogger, anda bisa mengganti dengan yang lebih oke. Caranya adalah cari menu Tema di bilah sisi kiri dashboard blogger. Kemudian Klik Cadangkan / Pulihkan. Selanjutnya upload template yang sudah anda download di internet dalam bentuk file XML.

Note: Jangan sembarangan download template blogspot, terkadang template tersebut bersifat NULLED, disisipi malware dan link credit name yang dapat menurunkan kualitas backlink anda.

Magixel.id

Sebaiknya gunakan template premium atau berbayar. Jika memang ingin gratisan cari dulu info developer nya, apakah bisa dipertanggung jawabkan atau tidak?

Kesimpulan

Membuat blog di blogger itu sangat mudah, anda tidak perlu menguasai skill web programming untuk memulai. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menulis serta optimasi Seo onpage dan seo offpage untuk traffic blog. Pelajari terus agar blog anda tampil sempurna dan banyak pengunjung. Selamat mencoba dan happy blogging.

Exit mobile version