11 Langkah Mudah Dapatkan 1000 Subscriber Pertama Di Youtube

cara mendapatkan 1000 suscribe youtube

11 Langkah Mudah Dapatkan Seribu Subscriber Di Youtube – Siapa yang tak ingin jadi Youtuber? Dengan menjadi Youtuber, seseorang bebas mengutarakan ide dan gagasannya. Menjadi Youtuber juga dianggap sebagai jalur tersingkat untuk menuju kepopuleran. Kini, populer tak lagi milik kalangan selebritis atau tokoh ternama. Berkat keunikan dan kreativitasnya, konten yang disajikan Youtuber bahkan lebih menarik dibandingkan menonton drama sinetron atau FTV.

Selain meraup reputasi yang relatif instan, profesi Youtuber semakin dilirik karena penghasilan yang cukup menjanjikan. Youtube memiliki fitur monetisasi untuk mendapatkan uang dari setiap konten yang diunggah. Namun, menghasilkan uang dari Youtube tak bisa sembarangan, ada banyak hal yang harus dilakukan agar profesi Youtuber benar-benar menjadi sumber penghasilan utama.

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai menjadi seorang Youtuber pasti bertanya-tanya. Bagaimana cara para pembuat konten ini mendapatkan uang. Tak hanya ratusan ribu, melainkan hingga ratusan juta. Pada dasarnya Youtube merupakan platform yang memfasilitasi orang menonton beragam video. Dan setiap video yang mengikuti standar Youtube akan menampilkan iklan produk yang telah ditentukan. Pemilik video dan Youtube mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang muncul.

Di Youtube terdapat tiga jenis iklan yang muncul pada setiap konten video. Jenis-jenis iklan tersebut diantaranya In stream Ads atau iklan yang muncul sebelum video mulai, iklan yang terletak pada samping dan bawah video yang disebut Dsiplay Ads, dan Overlay Ads. Secara garis besar pemilik chanel Youtube mendapatkan penghasilan sebesar 1 dolar AS, per 1000 penonton iklan yang muncul. Sistem pembayaran ini disebut juga cost per mile atau CPM.

Penghasilan jenis ini merupakan salah satu yang bisa didapatkan Youtuber. Artinya masih banyak hal lainnya yang juga sumber penghasilan profesi favorit milenial ini. Berdasarkan keterangan di atas untuk mendapatkan penghasilan dari youtube, tentu minimal Anda harus memiliki 1000 subscriber yang setia menonton konten video yang Anda unggah. Memang ini perlu waktu,terutama bagi Youtuber yang baru saja terjun dan belum memiliki nama sama sekali di dunia maya. Namun demikian Anda bisa melakukan 11 langkah mudah memiliki seribu subscriber di chanel Youtube seperti berikut ini.

Cara Mendatangkan Seribu Subscriber Youtube

1. Tentukan Tema Video

Anda harus memikirkan konten video apa yang akan dibuat. Buat konsep video dan tentukan tema dari konten video yang akan dibagikan. Putuskan setelah membuat pertimbangan secara matang. Tema ini menentukan ide dan gagasan yang lahir dari konten-konten berikutnya. Jika Anda bingung tak ada salahnya mencari inspirasi dengan menonton konten video yang sudah ada di  Youtube.

Dari kegiatan ini Ada banyak yang bisa didapat. Bukan hanya memancing ide kreatif muncul, tapi mengetahui gambaran konten akan seperti apa nantinya. Di Youtube sendiri Anda bisa menemukan banyak tema mulai dari kuliner, kecantikan, fashion, kesehatan, hingga diari seseorang yang dibuat dengan menonjolkan nilai-nilai yang menginspirasi.

2. Produksi Naskah Yang Berkualitas

Sebelum melakukan proses pembuatan video, ada baiknya buat skrip terlebih dahulu. Selain menggiring konten tidak keluar frame, membuat skrip konten akan mempermudah dalam proses pembuatan video itu sendiri. Skrip atau naskah konten video berisi tentang poin-poin yang akan dibahas dalam video, cara pengambilan gambar, musik, efek hingga materi pendukung yang diperlukan selama proses pembuatan konten berlangsung. Bagi pemula ini akan sangat membantu, sehingga pembuatan video bisa dilakukan dengan tertib.

3. Sajikan Konten Menarik

Konten yang disajikan tentu harus menarik. Agar para penonton tak bosan dalam menyaksikan karya Anda. Jika memilih tema besar yang sudah umum dibahas, coba temukan hal-hal kecil yang luput dari pembahasan orang kebanyakan. Misalnya jika tema yang diambil adalah kecantikan jangan hanya berhenti pada review produk. Seperti diketahui hal ini sudah banyak sekali dilakukan oleh Youtuber.

Sebagai pendatang dalam industri ini akan sangat sulit mengambil hati penonton, jika konten Anda membahas di ruang lingkup yang sama. Sebagai gantinya agar berbeda misalnya Anda bisa melakukan review produk make up tapi menjadikan komposisi produk sebagai pembahasan utama. Nilai dari video Anda tentu akan berbeda dengan mereka yang hanya mereview produk sebatas bagaimana cara memakai dan efeknya di kulit.

4. Rancang Video Yang Berkualitas

Berbicara tentang kualitas video, isi pembahasan bukan satu-satunya. Ingat para pengguna Youtube itu sangat sensitif. Terutama terkait hal-hal yang berbau teknis. Seperti pengambilan gambar, hingga kualitas suara pada video. Tak heran jika Anda analisa ada banyak konten dengan tema serupa namun jumlah penontonnya dan subscriber berbeda jauh.

Bisa dilihat ada banyak konten video yang berisi dengan diari keseharian dari seseorang yang bukan berasal dari selebriti, namun ditonton oleh banyak orang. Biasanya video-video tersebut menarik perhatian penonton melalui pilihan gambar yang artistic, atau kemapuan menampilkan hal-hal yang umum, dengan cara-cara berbeda. Seperti misalnya kegiatan memasak. Video memasak sangat banyak sekali dan kegiatan merupakan hal yang banyak umum dibagikan di berbagai platform termasuk Youtube.

Agar konten Anda menampilkan hal yang tak umum. Anda bisa memasak dengan bahan-bahan tidak umum, contohnya konten seorang food vloger yang menggunakan salah satu produk pereda panas dalam sebagai pengganti baking powder pada menu brownis buatanya.

5. Lengkapi Peralatan Penunjang Video

Pada dasarnya mengambil video memang bisa menggunakan ponsel pintar. Namun demikian untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus, tentu butuh alat yang lebih canggih. Jadi penting buat Anda memiliki perlatan yang mumpuni sebagai seorang Youtuber. Miliki kamera, lampu, mice hingga laptop untuk mengedit video.

Gabungan peralatan yang memadai dan skill menggunakannya akan menjadi kombinasi yang sangat pas. Sehingga hasil video yang enak dipandang mata pun akan sangat mudah dihasilkan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari ya sebagai Youtuber.

6. Konsisten Meng-upload Video

Menjadi seorang Youtuber tak bisa setengah-setengah. Kesungguhan dan ketekunan sangat dibutuhkan agar sukses seperti mereka yang kini telah menjadi Youtuber ternama. Memang cara kerjanya lebih fleskibel dan tak ada jam kantor. Mulai dari pengambilan gambar hingga mengunggah video waktunya ditentukan oleh Anda sendiri, jika Anda seorang yang berniat menjadi youtuber solo. Namun demikian kedisiplinan wajib diterapkan dalam keseharian dalam bekerja.

Anda perlu memiliki jadwal yang tertata. Buat deadline dari setiap pengerjaan seperti berapa lama waktu yang harus digunakan untuk mengedit dan setiap jam berapa mengunggah video baru. Bisa pilih setiap hari, atau dua hari sekali. Disiplin dalam mengunggah video berpeluang menarik banyak penonton baru dan mempertahankan penonton lama. Jadwal mengunggah video dengan waktu yang teratur membuat para penonton setia tahu kapan harus mampir ke channel Anda untuk menyaksikan video terbaru.

7. Unggah Video Sebanyak-Banyaknya

Untuk menyakinkan bahwa Anda memang seorang Youtuber tentu dapat dilihat dari konten yang dibagikan. Makin banyak makin bagus, karena keseriusan Anda dalam menyajikan konten-konten berkualitas lebih terlihat. Sehingga penonton yang mungkin hanya mampir bisa mempertimbangkan untuk berlangganan menonton konten-konten video yang dibagikan.

Anda bisa juga membuat lebih dari satu video dalam setiap proses pembuatan konten. Makin banyak video yang disimpan, makin mudah untuk disiplin mengunggah di waktu yang sama. Simpan dua sampai tiga video, semakin banyak memiliki konten yang sudah jadi, makin banyak pilihan saat menggungahnya. Ini juga membuat Anda tak begitu lelah. Saat ada kesibukan di luar sebagai Youtuber pun, channel Anda tetap memiliki konten baru.

8. Optimasi Channel Youtube Anda

Agar mudah ditemukan dalam mesin pencarian Youtube, Anda perlu melakukan optimasi chanel melalui keyword pada setiap konten yang diunggah. Pilih kata kunci yang tepat pada judul Anda. Dengan kata lain judul bukan hanya menggunakan kata-kata menarik tapi juga ada kata kuncinya. Jadi penting buat Anda meriset terlebih dahulu apa kata kunci yang banyak muncul di hari Anda mengunggah video. Baru kemudian pilih yang sesuai dengan konten Anda.

Terdapat kurang lebih 400an video diunggah pada platform youtube setiap menitnya. Jadi pastikan kata kunci yang Anda gunakan bukan hanya Anda yang menggunakan satu-satunya. Menggunakan kata kunci yang banyak mucul pada saat mengunggah video akan membantu video Anda mudah ditemukan di mesin pencarian patform Youtube.

9. Buat Thumbnail Semenarik Mungkin

Selain judul, Anda bisa menarik perhatian lewat thumbnail video. Thumbnail merupakan cover video sebelum diputar. Buat penonton penasaran lewat tampilan thumbnail video Anda. Sehingga mereka tertarik menonton karya Anda. Sebelum membuatnya jangan lupa tentukan bagian video yang mengundang rasa penasaran, menarik atau bahkan mengundang kontroversi. Temukan bagian yang paling relevan dan mewakili konten video yang akan dibagikan.

10. Promosikan Chanel Youtube

Setelah memiliki konten di Youtube, jangan segan-segan mengundang orang-orang untuk menyakisikan video karya Anda di chanel Youtube. Caranya bisa beragam, mulai dari membagikan di laman sosial media, hingga ke group chatting room. Bagikan link video dan sebarkan link tersebut. Dorong orang-orang untuk menonoton dan menekan tombol subrcribe.

Ajakan ini juga bisa dilakukan saat di awal video sebelum masuk pada konten video sesungguhnya. Ajak penonton untuk mengklik subrcribe, dan icon berbentuk lonceng. Icon tersebut berfungsi agar penonton setia kita selalu mendapatkan notifikasi saat video baru dibagikan.

11. Tingkatkan Interaksi Dengan Penonton

Bagus atau tidak terkait konten yang Anda buat setelah diunggah di Youtube, semuanya penonton yang menentukan. Antusiasme mereka dalam menonton mutlak di tangan mereka. Karena penonton datang ke channel Anda dengan kesadaran penuh, maka perlu dijaga buat yang sudah menjadi langganan atau telah menekan tombol subscribe. Anda bisa menjaga mereka untuk tetap setia dengan sering berinteraksi dengan mereka. Baik melalui kolom  komentar ataupun pada konten video Anda.

Pada kolom komentar Anda bisa menjawab atau mengapresiasi kritik dan saran atas konten Anda dari mereka. Ada beberapa tombol like di kolom komentar, yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa menarik perhatian mereka dengan melibatkan merek adalam konten video. Caranya bisa dengan membuat program sebuah give a way, hingga membuat konten atas saran para penonton setia di channel Anda.

Exit mobile version