Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank Untuk Website

cara meningkatkan alexa rank

Bagi sebagian orang, istilah Alexa Rank masih jarang terdengar dan menjadi istilah yang belum banyak diketahui. Namun bagi banyak blogger dan orang yang aktif dalam dunia web tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Alexa Rank. Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih mendalam tentang apa itu Alexa Rank, dan bagaimana sistem kerja dari Alexa Rank silahkan simak penjelasan berikut.

Apa itu Alexa Rank

Secara umum Alexa Rank merupakan sebuah alat atau tool marketing yang digunakan untuk memberikan ranking atau peringkat sebuah website dengan menggunakan data traffic (arus lalu lintas) dari pengunjung web tersebut.

Baca Juga : Cara Menaikkan Rating Website Agar No.1 di Google

Alexa Rank merupakan sistem peringkat global yang memberikan peringkat pada jutaan situs website berdasarkan popularitas sebuah website. Semakin terkenal dan banyaknya pengunjung sebuah website maka akan semakin kecil peringkat yang diperolehnya. Jika sebuah website mendapatkan peringkat satu dapat dipastikan bahwa website tersebut merupakan website yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Alexa Rank merupakan sebuah anak perusahaan milik Amazon.com yang menawarkan SEO, analitik, dan Tool markering.

Cara Alexa Rank dalam Menyusun Ranking

Cara Alexa rank menyusun ranking yaitu dengan menghitung ranking dengan menggabungkan jumlah pengunjung dengan jumlah pageview sebuah website setiap harinya, dalam tiga bulan terakhir.

Alexa rank mengumpulkan data dari pengguna internet yang menggunakan salah satu 25.000 extension browser baik itu di Google Chrome maupun di Mozilla Firefox yang telah menginstall script Alexa di dalamnya.

Setelah memeroleh data, data tersebut kemudian diolah dengan algoritma Alexa dan kemudian diperbaiki agar dapat memberikan data yang lebih akurat. Selain itu ada juga beberapa website yang mempunyai coding Alexa pada websitenya yang memungkinkan Alexa mengetahui berapa banyak orang yang berkunjung ke website tersebut dengan lebih akurat, karena data yang telah dikumpulkan dari penggunaan internet hanya merupakan sebuah estimasi.

Baca Juga : Mengenal Macam-macam Algoritma Google dan Perkembangannya dari Waktu Ke Waktu

Namun, ada yang mengatakan bahwa Alexa Rank juga menggunakan sumber data lain, yaitu dari pihak ketiga agar dapat memperoleh data dari sumber yang lebih akurat dan lebih luas.

Jika Anda ingin mengetahui ranking sebuah website tanpa menginstal widget atau extension, Anda dapat langsung mengunjungi website Alexa. Ranking tersebut tersedia secara global dan dapat dilihat menurut negara.

Cara Mengecek Alexa Rank

Bagaimanakah cara untuk mengecek rank wabsite menggunakan Alexa Rank? Bagi Anda yang ingin mengecek ranking Alexa subuah website caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi website resmi Alexa, yaitu alexa.com. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika Anda hanya ingin mengecek ranking sebuah website, Anda tidak perlu menginstal extension atau widget, Anda dapat melihat pada situs resmi Alexa tersebut. Berikut penjelasannya.

Pertama, buka situs resmi Alexa, kemudian pada halaman utama website, masukan domain website yang ingin Anda ketahui rankingnya pada kotak pencarian, kemudian klik “Run Analysis”. Setelah itu akan muncul halaman yang memuat hasil data-data detail tentang website yang Anda cari tersebut.

Pada halaman ini akan melihat Keyword Opportunities, atau dalam bahasa Indonesia berarti uraian peluang kata kunci, merupakan kata kunci atau keyword yang banyak dicari dalam website tersebut. Keyword ini terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya: (1) Keyword Gaps; (2) Keyword Easy to Rank; (3) Buyer Keywords; dan (4) Optimization Opportunities.

Kemudian Anda juga dapat melihat Competitive Analysis atau data analysis dari kompetitor atau lawan pada bidang yang sama misalnya Youtube memiliki kompetitor yaitu Wikipedia, Facebook, VK.com, Google.com, dan lain sebagainya.

Selanjutnya ada Audience Analysis atau analisis audiens merupakan uraian yang penjelasaan segmen pasar dari sebuah website yang wajib diketahui oleh pemilik atau pengembang sebuah website. Audience Analysis berguna untuk membantu menentukan persona pembeli yang akurat. Selain itu juga dapat untuk membuat perencanaan pemasaran, dan peningkatan efektivitas pemasaran sebuah website.

Yang terakhir adalah Traffic Statistics merupakan ranking global website tersebut, di negara yang telah dipilih, misalnya youtube.com menempati ranking 2 di negara Amerika, India, Jepang, dan lain sebagainya. Apabila Anda mengggunakan fasilitas Alexa yang berbayar, Anda juga dapat melihat letak geografis dari pengunjung website tersebut.

Seberapa Akurat Alexa Rank?

Mungkin sebagian besar dari kalian ingin mengetahui seberapa akuratkah Alexa Rank. Dari yang telah kita baca di atas Alexa sudah menyediakan data yang cukup lengkap, khususnya untuk megetahui dan mengukur kompetisi webuah website dengan website pesaingnya. Pertanyaannya adalah, apakah data-data yang Alexa Rank jabarkan merupaka data yang akurat?

Sebenarnya belum ada jawaban yang pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ada pihak yang menganggap jika Alexa sudah menampilkan data yang cukup bisa dipercaya. Namun banyak juga pihak yang masih meragukan Alexa Rank, dan masih menggabungkan dengan tools lainnya seperti Google Analitics.

Alasannya adalah mereka mengatakan bahwa Alexa belum bisa mendapatkan dan mengumpulkan data yang benar-benar akurat dan real-time dari para pengguna internet, karena target data dari Alexa adalah orang yang sudah menginstal widget atau extension dari Alexa. Selain itu juga tidak semua website memasukan script Alexa di dalam website mereka. Jadi data yang diperoleh oleh Alexa merupakan data yang terbatas pada user yang telah menginstal widget dan website yang telah memasukan script Alexa.

Selain alasan di atas, alasan lainnya adalah Alexa belum benar-benar transparan mengenai bagaimana cara untuk menentukan ranking sebuah website dan mengenai bagaimana cara mereka memperoleh data kemudian mendapatkan metrics nya. Yang kita ketahui adalah Alexa menggunakan dua metrics yaitu jumlah pengunjung harian dan pageviews 3 bulan terakhir sebagi bahan metrics utamanya. Banyak pihak yang merasa jika hal itu saja tidak cukup dijadikan patokan untuk pengembangan website nya.

Apakah Alexa Rank Penting?

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah “Apakah Alexa rank penting untuk pengembangan sebuah website?” Jawaban dari pertaanyaan ini sebenarnya relatif. Untuk beberapa pihak, ranking sebuah website dianggap penting, karena untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi SEO yang telah diterapkan, apakah sudah tepat atau masih kurang tepat.

Tetapi untuk mengetahui lebih mendalam tentang keberhasilan strategi SEO sebuah website, ada baiknya jika tidak hanya menggunakan Alexa Rank saja sebagai patokannya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, data dari Alexa Rank masih bersifat terbatas, dan belum menyeluruh. Sebaiknya Anda juga menggunakan tools analisa website yang lain, agar lebih dapat memastikan akurasinya.

Baca Juga : 11 Cara Melihat Statistik Pengunjung Website Orang Lain

Jika Anda ingin melihat analisis kompetitor website milik orang lain, tentu saja Alexa Rank dapat memberikan gambaran tentang website-website tersebut. Data yang disediakan Alexa Rank dapat memberi informasi tentang kepopuleran website kompetitor dan Anda pun dapat membandingkan website Anda dengan website kompetitor.

Bagi Anda yang menggunakan iklan atau ads sebagai salah satu alat untuk menghasilkan uang dari blog, ada banyak advertiser yang mengecek apakah sebuah website memiliki potensi marketing yang tinggi atau tidak. Kebanyakan dari mereka menggunakan Alexa Rank untuk memeberikan gambaran apakah website Anda dapat mendatangkan keuntungan bagi Advertiser atau tidak. Oleh karena alasan tersebut itlah maka raking website Alexa Rank Anda menjadi penting.

Cara Meningkatkan Alexa Rank untuk Website

Bagi Anda yang merasa bahwa ranking Alexa Rank merupakan hal yang penting, maka anda harus menigkatkan Alexa Rank website Anda. Nah, berikut cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Alexa Rank:

1. Instal Toolbar Alexa

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal Toolbar Alexa. Tujuannya adalah agar website anda dapat masuk ke database Alexa. Jika anda ingin menginstal Toolbar Alexa, anda dapat mengunjungi website resmi Alexa dan mengikuti langkah untuk mendownload Toolbar nya.

2. Instal Widget Alexa pada Website

Setelah menginstal Toolbar, langkah selanjutnya adalah menginstal Widget Alexa di Website anda. Tujuan menginstal Widget Alexa adalah menghitung semua kunjungan pada website Anda. Jika pengunjung website anda tidak menginstal Toolbar Alexa, secara normal maka kunjungan ke website anda tidak akan terhitung, namun jika pada website anda telah terpasang widget Alexa maka pengunjung akan dapat tetap terhitung datanya.

3. Buat Konten yang Menarik Pengunjung

Konten merupakan hal penting untuk sebuah website. Semakin menarik dan kreatif sebuah konten, maka pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi web anda pun juga akan bertambah. Hal yang tidak kalah pentingnya dari konten adalah optimasi SEO. Anda tentu sudah mengetahui pentingnya SEO dalam sebuah website. Hubugannya dengan Alexa Rank adalah jika website anda memiliki ranking tinggi dalam mesin pencarian, secara otomatis Alexa Rank anda pun akan ikut naik.

Baca Juga: Perbedaan SEO Onpage dan SEO Offpage

Kesimpulan

Alexa Rank merupakan Tools yang dapat memberikan gambaran tentang popularitas sebuah website. Walaupan masih ada sedikit perdebatan tentang keakuratan data dari Alexa Rank, namun bukan berarti data dari Alexa Rank tidak jelas. Alexa Rank masih layak digunakan sebagai salah satu Tools untuk memberikan data yang dibutuhkan para wemaster.

Sekian pembahasan kami seputar Alexa Rank, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Kami mengucapkan terimakasih kepada para pembaca yang telah mengunjungi situs kami.

Exit mobile version