Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Website

cara meningkatkan domain authority

Untuk sebagian blogger pasti tidak asing lagi dengan istilah ini “Domain Authority” atau “Page Authority”, Kedua istilah itu sebenarnya sangat dalam lo kalau kita ulas. Oke secara singkat kedua hal di atas adalah pengukur seberapa kuat dan berkualitaskah blog dan konten kamu.

Seperti yang sudah kamu baca pada judul artikel kali ini, bahwa yang akan kita bahas disini adalah salah satu dari kedua istilah di atas, yaitu Domain Authority.

Apa itu Domain Authority?

Apa sih Domain Authority itu? Jadi, Domain Authority (DA) adalah sebuah ukuran kekuatan dari suatu nama domain. Untuk menilai atau menentukan seberapa kuat suatu domain maka yang menjadi faktor adalah :

Saya katakan di sini bahwa Domain Authority sangatlah penting untuk sebuah blog, karena ini akan mempengaruhi beberapa teknis dari blog itu. Seperti Trafik dan rangking. Banyak Master SEO yang berpendapat bahwa DA adalah faktor yang menjadi Acuan Google untuk memberikan Page rank kepada setiap situs.

Ya memang ada pro dan kontra, tapi kenyatanya ya memang benar situs yang suka “nongol” di Page one atau Situs yang memiliki Page rank tinggi, cenderung memiliki Domain Authority yang baik juga. Oke, untuk mengetahui berapa Domian Authority blog, kamu bisa langsung mengunjungi situs Moz

Kali ini tidak akan ada bahasan lebih lengkap tentang Pengertian Domain Authority, yang jadi bahasan utama kali ini adalah Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) di Blog.

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority di Blog?

Siapa nih yang penasaran rahasia meningkatkan DA pada blog, siapa sih yang nggak mau DA blog nya tinggi. Oke inilah cara ampuh untuk meningkatkan Domain Authority di Blog.

1. Pastikan dulu Teknik SEO blog kamu sudah benar

Perlu di ketahui pertama yang harus kamu lakukan sebelum meningkatkan Domain Authority adalah memastikan bahwa teknik SEO yang selama ini kamu lakukan di blog sudah benar. Maksud “benar” di sini adalah dengan melihat beberapa teknis dari suatu blog tersebut.

Seperti contoh Breadcrumbs, Struktur URL, Tag header, Meta tag, Tag alt, Navigasi, dan lain-lain.

Inilah yang harus kamu amati terlebih dahulu, apakah Teknik SEO yang kamu lakukan sudah benar?, Jadi intinya pastikan dulu blog kamu sudah meningkatkan SEO secara keseluruhan.

2. Mulailah Membuat Artikel yang di sukai Pembaca

Nah, inilah basic yang perlu kita perhatikan dalam segala segi SEO, terutama pada Domain Authority suatu Blog. buatlah Artikel yang Mendalam dalam membahas suatu topik tertentu, bukan hanya mendalam tapi juga Informatif, Unik, Menarik, Hangat, dan Trending.

Konten yang panjang serta mendalam juga akan lebih baik, tapi pastikan arti dari “panjang” itu adalah terperinci dan juga bisa menjawab masalah pembaca ketika membuka suatu artikel.

Jadi, membuat sebuah artikel itu di perlukan usaha, karena kita harus mengupayakan bagaimana sebuah tulisan bisa menjawab pertanyaan si pembaca.

Tak hanya artikel yang panjang saja yang berkualitas, “Berkualitas jauh lebih dari sekedar panjang” maksudnya adalah kamu harus mengupayakan perhatian si pembaca agar bisa mendapatkan manfaat, bukan malah membaca artikel yang panjang dan di dalamnya tidak ada manfaatnya.

Pastikan juga dalam membuat sebuah artikel kamu harus Komperhensif dan mencakup setiap detail pada suatu topik. Oke mulai saat ini Mulailah Menulis artikel yang berkualitas dan enak di baca.

3. Melakukan Branding di Media Sosial

Media sosial memang menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan domain authority blog, Media sosial seperti Facebook, twitter, Instagram, dan sejenisnya bisa menjadi tempat gratis untuk membagikan link artikel, tentu ini juga sangat Mempengaruhi ekspos dari suatu blog.

Memang benar bahwa Media sosial bukan bagian dari Alogitma peringkat Google, tapi coba kita amati lagi Artikel yang muncul di Halaman satu SERP cendrung memiliki banyak Like dan Share. Masuk akal tidak?

Jadi teknik mempromosikan blog lewat Media sosial bisa menjadi cara ampuh juga untuk meningkatkan Domain Authority serta Popularitas sebuah situs.

Perlu di perhatikan share di Medsos di sini bukan soal share asal-asalan ya, kamu juga perlu memperhatikan strateginya. Tidak spam, Tidak mengecewakan pembaca saat membukanya, Berilah jawaban atas setiap pertanyaan, aktif di suatu grup dan bentuk relasi, dan sebagainya.

4. Mengelola Backlink dengan baik

Sebuah blog yang memiliki backlik yang kuat, bersih, dan berkualitas juga akan memiliki skor DA yang lebih tinggi pula, dari pada blog yang memiliki banyak backlink tapi tidak kuat dan tidak berkualitas.

Proses mengelola Backlink ini bisa di sebut sebagai SEO Off-Page dan ini juga berkaitan dengan teknik yang di gunakan untuk mendapatkan backlink yang baik, dan bisa meningkatkan peringkat blog.

Baca Juga : Perbedaan SEO Onpage dan SEO Offpage

Nah, jadi memikirkan Backlink yang masuk ke blog itu perlu, jadi kamu harus memperhatikan juga backlink buruk yang masuk ke blog kamu, kalau tidak blog kamu akan mendapatkan hukuman dari Google, maka kamu harus memperhatikan Pedoman link dari Google.

Lalu untuk mengetahui sebuah backlink yang buruk kamu bisa menggunakan alat seperti SEMRUSH.

Lalu Bagaimana cara Menghapus Backlik buruk yang masuk ke blog?

Sebenarnya ada 3 cara yaitu dengan,

Lalu Bagaimana cara mendapatkan backlink yang baik dan berkualitas?

Ada 2 cara utama yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan backlink yang aman, baik, dan berkualitas. inilah caranya

#1- Membangun Backlink secara alami

Ini juga sering di sebut dengan Natural link building, jadi teorinya begini, seseorang menemukan situs blog kamu, Membaca artikel kamu, kemudian mereka menyukainya, dan merekomendasikan artikel kamu di situs mereka. Itu yang di sebut Backlink yang di dapatkan secara Alami

Eits bentar dulu, Pastikan juga Artikel kamu Berkualitas dan memiliki pembahasan yang mendalam, serta bisa menjawab masalah si pembaca. Dalam praktiknya, proses ini sangatlah bermafaat dan sangat berpengaruh juga terhadap blog kamu daripada backlink yang kamu buat sendiri, titik!

#2 – Memberitahu Blogger lain

Ya memang agak berharap ya kalau kayak ini, tapi nggak papa inilah yang baik juga untuk kamu sebagai pemilik blog dan mereka sebagai blogger yang mau memberikan backlink kepada kamu.

Memberitahui ini konteksnya bermacam-macam, yang pertama adalah Broken link Building, Resource link Building, dan selanjutnya yaitu ketika kamu kenal seorang blogger rekomendasikanlah artikel kamu untuk menjadi pelengkap artikel mereka.

4. Pastikan blog kamu Mobile Friendly

Sejumlah besar pengguna internet yang mengakses sebuah situs, mereka menggunakan perangkat seluler. Untuk sejumlah niche pun juga berbeda-beda tingkat pencariannya. Kamu bisa melihat statsik di bawah ini:

Dapat di ketahui statisik dari Hitwise menggambarkan bagaimana volume pencarian pada perangkat seluluer berdasarkan nichenya. Dari hal di atas dapat kita ketahui memang perangkat mobile/ seluler dangat mendominasi pencarian di Google.

Oke saya akan berikan beberapa alasan mengapa kamu perlu mengoptimasi blog kamu agar Mobile Friendly.

Jadi sebuah blog yang memiliki tampailan yang ramah akan perangkat seluler atau Mobile Friendly cenderung di sukai Google dan juga Pengunjung.

Untuk mengetes apakah blog kamu Mobile Friendly atau tidak adalah dengan menggunakan bantuan alat Google Mobile Friendly Test.

5. Tingkatkan Kecepatan Laman Blog

Ini adalah salah satu Sinyal yang di gunakan google untuk merangking suatu halaman. Blog yang memuat halaman lebih cepat, maka akan lebih unggul di bandingkan dengan blog yang lebih lambat.

Memang benar ini bisa meningkakan Domain Authority blog, tapi selain itu Kecepatan blog juga bisa meningkatkan User Experince. Halaman blog yang memiliki Pagespeed yang redah maka akan semakin besar pula resiko Bounce Rate. (pengunjung tidak suka halaman yang lambat di muat!)

Lalu Bagaimana cara Mempercepat sebuah Blog, ini lah cara yang di kutip dari Moz tentang PageSpeed,

Kesimpulan

Setelah membaca semua cara di atas, apakah kamu sudah bisa mengambil kesimpulan? Oke kalau belum, saya mencoba membuat ringkasan singkat tentang Inti dari pembahasan di atas.

  1. Optimalkan SEO pada halaman blog, seperti Alt tag, Meta tag, Konten, dan sebaginya.
  2. Buatlah artikel yang berkualitas sehingga menarik orang untuk merekomendasikannya.
  3. Promosikan blog kamu di media sosial, namun bukan asal promosi. tapi pertimbangkan juga sisi teknis dalam strategi Mempromosikan blog dengan baik dan benar.
  4. Usahakan blog kamu sudah Mobile Frinedly (ramah atau cocok untuk semua layar seluler)
  5. Optimasi kecepatan blog (ini bisa meningkatkan user experience dan mengurangi bounce rate)
  6. Dan yang terakhir adalah BERSABARLAH, pelan-pelan pasti Domain Authority akan meningkat kok, kalau kamu terus fokus dan konsisten mengurus blog kamu.

Jadi, domain authority merupakan hal penting untuk sebuah blog atau website. Dalam beberapa alasan, DA memungkinkan kamu untuk menilai keseluruhan dari kinerja blog, selain itu ada beberapa makna dari Domain authority ini, seperti acuan mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap sebuah blog.

Secara umum memang, sebuah Domain Authority blog itu tergantung pada 3 hal yaitu Usia, popularitas, dan ukuran. Jadi yang utama dalam meningkatkan DA adalah buatlah Konten yang berkualitas dan Bermanfaat dulu. Setelah ada bahan yang sekiranya bisa di perhitungkan, maka selanjutnya kita bisa melancarkan kumpulan strategi di atas.

Exit mobile version