Cara Mempromosikan Blog Agar Ramai Pengunjung

cara mempromosikan blog

Membuat sebuah artikel memang perlu perencanaan yang mendalam, dan dibutuhkan strategi untuk bisa bersaing di SERP (Search Engine Result Page). Tapi apakah hanya membuat dan kemudianmempublisnya bisa langsung mendapatkan visitor yang banyak? sudah tentu jawabannya adalah Tidak! Perlu kerja keras untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website.

Dalam strateginya, kita bisa melakuakan Promosi. Mempromosikan blog memang sangat penting sekali, apalagi untuk blog yang masih baru. Bukan main-main lo, dengan promosi maka blog anda akan terlihat, blog anda akan diketahui banyak orang, dan pastinya blog Anda bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Dalam Bisnis, promosi sangatlah perlu guna menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen dan pada akhirnya mereka akan membeli produk. Jadi promosi sangat penting untuk sebuah bisnis, agar calon konsumen tertarik dan melakukan pembelian produk atau jasa yang anda tawarkan.

Maka dari itu, jika Blog anda adalah blog yang menawarkan produk atau jasa maka promosi adalah jalan satu-satunya untuk mendapatkan pembelian.

Nah, setelah membaca sedikit tentang promosi blog di atas apakah anda sudah pernah melakukan promosi?, apakah anda sudah merasa puas dan benar dari langkah promosi yang anda lakukan?

Oke, kali ini akan ada Pembahasan mengenai Cara Mempromosikan blog dengan Benar.

Bagaimana Cara Mempromosikan Blog untuk Mendatangkan Pengunjung?

Promosi itu sebenarnya gampang-gampang susah, tapi perlu perencanaan dan waktu yang lebih guna menyempurnakan Strategi Promosi yang kita buat. Namun sebaiknya anda jangan terburu-buru, lakukan dengan api dan terstruktur.

Oke disini kita bagi menjadi dua bagian, Yang pertama Promosi blog dengan cara GRATIS dan yang kedua dengan cara BERBAYAR.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, sebaiknya perhatikan poin-poin penting ini dulu sebelum mempromosikan blog anda.

Pastikan Artikel anda Berkualitas dan Berbobot

Sebaiknya anda perlu ketahui hal ini, artikel yang berkualitas akan berdampak pada pengunjung anda, berdampak pada exprience mereka. Inilah yang perlu di ketahui dari

Artikel berkualitas itu:

Itulah ya perlu anda ketahui dalam penulisan artikel yang berkualitas . Eits, belum selesai sampai disitu artikel yang berkualitas juga harus memiliki isi yang bisa membantu atau mengatasi permasalahan dari si pengunjung.

Pokoknya anda harus membuat atau ada Artikel berkualitas dulu sebelum melakukan Promosi, dan pastikan artikel tersebut sudah SEO friendly. Sebelum melanjutkan, silahkan baca dulu Cara Menulis Artikel SEO yang Menarik untuk Dibaca.

Cara Mempromosikan Blog Secara Gratis

Tak perlu keluar uang saja kita bisa Melakuan Promosi, ya bentuk dari Promosi gratis kali ini anda yang mengerjakan, jadi anda perlu usaha untuk bisa mempengaruhi calon pengunjung anda agar bisa mengeklik blog anda.

1. Bagikan Artikel ke Grup Facebook

Huh, siapa yang tidak kenal Facebook, Pasti semua kenal dan menggunakan Facebook kan. Kali ini kita bisa Mempromosikan Blog secara gratis di Grup-Grup Facebook.

Kenapa Facebook? Bayangkan pengguna Facebook saat ini sekitar 2,5 Miliyar per bulan, dan untuk Indonesia sendiri penggunanya adalah 120 Juta pengguna setiap bulannya.

Bagimana masih ragu untuk melakuakn promosi di Facebook?. Oke kita akan membahas lebih lanjut dengan cara kali ini, Kita bisa melakukan promosi secara gratis di Grup yang relevan dengan Artikel/ blog kita.

Setelah gabung, anda perlu memperhatikan rules atau peraturan dari grup tersebut. Sangat wajib untuk anda membantu sesama anggota di suatu grup, saling menjawab pertanyaan, setelah anda di kenal maka akan mudah untuk anggota grup percaya kepada anda.

Nah, ini dia tips yang saya rangkum untuk melakukan promosi blog di grup facebook dengan benar.

  1. Cari Grup yang Sesuai dengan Artikel
  2. Carilah Grup yang mempunyai banyak Anggota
  3. Bergabung dengan Grup yang Aktif
  4. Berinteraksilah di Grup tersebut, dan mulai bangun Reputasi di sana
  5. Gunakan kata-kata yang menarik klik saat promosi
  6. Jangan sekali-kali melakukan SPAM
  7. Membuat Pin di Pinterest

2. Membuat Pin di Pinterest

Ini mungkin salah satu media yang bagus juga untuk sarana Promosi blog. Di dalam Pinterest terdapat fitur Pinboard yang di gunakan untuk mengumpulkan Multimedia pada suatu Website.

Pin tersebutlah yang menjadi media untuk kita manfaatkan sebagai alat Promosi Gratis dari Blog kita. Ada beberapa statement yang menjelaskan bahwa Pinterest adalah media platform yang sangat tepat dan cocok untuk Mempromosikan blog anda, inilah penjelasannya :

Itulah beberapa keunggulan Pinterst sebagai suatu Platfrom untuk Mempromosikan blog kita.

3. Melakukan Tweet di Twitter

Selanjutnya adalah Twitter, Twitter juga merupakan media sosial yang sangat efektif untuk melakukan promosi disini. Ada fitur yang namanya Tweet dan Retweet, kedua fitur inilah yang bisa anda andalkan untuk melakukan promosi blog.

Tweet inilah yang bisa kita manfaatkan. Anda bisa melakukan promosi di sana secara efektif dengan menambahkan berbagai elemen pemicu, seperti Hastag dan Tag twiter orang lain.

lNamun saat melakukan Tweet pastikan panjang kata tidak lebih dari 140 karakter (Rekomendasi antara 70-100 karakter, tidak termasuk link).

Saat menautkan link di sebuah Tweet, maka link tersebut akan berubah menjadi blok seperti di bawah ini:

Namun anda juga perlu memperhatikan Kata-kata saat melakukan Tweet untuk promosi, pastikan kata-kata yang anda buat bisa memicu mereka untuk mengklik link yang anda berikan.

4. Menggunakan Quora sebagai sarana Promosi yang Efektif

Quora adalah sebuah Platfrom tanya jawab, Quora ini sebenarnya seperti Yahoo! Answer, Forum Online, atau Facebook, dan sebagainya. Disini anda bisa melakukan sebuah interaksi yang melibatkan banyak orang di sebuah platform Quora.

Seperti Memberi sebuah Pertanyaan, menjawab sebuah Pertanyaan, Diskusi di grup, dan lain-lain.

Bagaimana cara Melakukan Promosi di Quora? gampang caranya, yaitu merekomendasikan artikel anda pada sebuah Pertanyaan-pertanyaan yang ada sebagai bentuk rujukan jawaban yang lengkap.

Namun perlu di perhatikan, pastikan link yang anda berikan itu bisa menjawab pertanyaan mereka, link yang anda referensikan harus berkualitas.

Masih binggung? coba lihat gambar di bawah ini, kira-kira sperti inilah yang dimana anda bisa mempromosikan blog pada sebuah pertanyaan di Quora.

5. Menulis Artikel di Blog orang lain (Guest Post)

Menulis yang saya maksud disini adalah menulis artikel yang anda buat secara sukarela untuk si pemilik blog, anda bisa tawarkan kepada mereka apakah mereka menerima Artikel tamu.

Isitilah ini bisa di sebut juga dengan Guest Post (memposting sebuah artikel di blog orang lain guna mendapatkan trafik dari link yang kita tautkan di dalam artikel itu).

Jadi dengan kita melakukan Guest post itung-itung kita bisa memperluas networking, memperkuat personal branding, mendapatkan pengunjung di blog tentunya.

Namun, untuk bisa mempublis artikel yang kita buat di blog mereka tentunya ada peraturan dan persetujuan terlebih dahulu (pastikan anda mentaati nya dengan bijak).

6. Promosi blog di Kaskus

Ini juga ada kaitannya di nomer 4 sebenarnya, tapi ini jangkauannya lebih luas saja. Seperti facebook, Instagram, ataupun Twitter, di Kaskus kita juga bisa melakukan Posting, komentar, saling Like, dan sebagainya.

Tapi bedanya, di Kaskus anda bisa melakukan Post dalam berbentuk artikel, ya artikel. inilah yang bisa kita manfaatkan di sana, anda cukup menulis artikel (baik rewrite ataupun membuat baru) di sana untuk di post.

Kemudian anda bisa memberi saluran sumber atau baca selengkapnya yang isinya adalah link dari blog anda. Masih binggung? coba liat tips di bawah ini

Silahkan lihat gambar di bawah ini, ini adalah contoh Link yang saya buat di Kaskus.

7. Meninggalkan Komentar yang Bermanfaat di Blog Orang Lain

Ya melakukan komentar di blog orang lain, tapi jangan komentar yang tidak bermutu dan tidak memiliki manfaat sama sekali.

Seperti ini contohnya,

“Wah, terimaksih kak artikelnya sangat bermanfaat”

“Sangat bermanfaat sekali kak buat pemula seperti saya”

Komentar seperti di atas, hanya cocok untuk seseorang yang memang asli pengunjung, yang tujuannya hanya membaca blog anda, yang tidak memiliki blog, yang tidak memiliki produk.

Tapi berbeda dengan seorang blogger saat berkomentar, Buatlah atau berilah Komentar yang sekiranya membangun dan bermanfaat juga untuk Pengunjung blog si pemilik.

Maka jika sekiranya komentar anda menarik, bukan tidak mungkin blog anda akan mendapatkan pengunjung.

Contohnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, kalian bisa melihat, inilah contoh komentar yang membangun dan mendatangkan pengunjung, jadi anda bisa “menawarkan blog” anda di komentar si pemilik, yang tujuannya untuk menambahkan materi dari pemilik blog.

Cara Mempromosikan Blog Berbayar

Walau mungkin anda tidak mau keluar uang untuk promosi itu tak apa, tapi tau kan dengan kita berusaha atau sedikit mengeluarkan uang untuk promosi saja maka hasil yang

kita dapat juga akan lebih bagus, lebih berpotensi juga menarik pengunjung.

1. Mengadakan Blog Competition atau Lomba

Strategi kali ini memang sangat berpengaruh sekali jika anda melakukannya dengan benar. apakah anda pernah mendengar isitilah ini?, apakah anda pernah mengikuti blog competition?.

Tentunya untuk membuat kompetisi seperti ini perlu keluar budget untuk memberi reward kepada peserta yang mengikutinya.

Tapi tenang, anda bisa kok mendapatkan pengunjung yang banyak sesuai dengan apa yang anda keluarkan.

Oke inilah tips dari saya tentang membuat sebuah Kompetisi atau Blog Competition.

Nah, itulah sedikit tips dari saya saja, selebihnya bisa kalian tambahkan sendiri. Satu lagi, akan lebih bagus jika blog si peserta memiliki reputasi yang bagus, jika peserta memiliki blog yang berkualitas, ini tentunya akan berdampak besar juga ke Blog anda.

2. Beriklan di Blog orang yang sudah memiliki nama “Terkenal”

Ada sebagainan orang menggunakan blognya untuk di isi link blog orang lain, dalam kata lain mereka menawarkan blognya agar bisa di Pasang iklan oleh blog orang lain.

Tentunya cara kali ini memang membutuhkan uangya, mahal tidaknya itu tergantung dari Blognya, kalau blognya bagus dan sudah terkenal maka sangat baik.

Iklan seperti ini bermacam-macam bentuknya, ada yang berbentuk Widget, Tulisan/ artikel, dan lain-lain. Perlu di perhatikan inilah tips dari saya untuk mencari blog jasa pasang iklan yang berkualitas,

3. Beriklan di Google Adwords

Mungkin cara ini tidak saya rekomendasikan untuk anda yang hanya memiliki blog yang berisi Konten saja. Cara ini sangat bagus jika anda adalah sebuah Pebisnis yang memiliki produk untuk di jual.

Perlu di ketahui, Google Adwords itu sebenarnya hanya dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan yang anda buat.

Ada beberapa keungulan dari Google Adword, dan mengapa anda perlu beriklan di Google adwords, inilah alasannya,

Bagimana masih ragu untuk menggunakan layanan asli dari Google in?

4. Mempromosikan blog lewat Facebook Ads

Sama, seperti Google Adwords, cara kali ini lebih bagus untuk pelaku Bisnis yang memiliki produk. Tapi tidak apa juga anda, adalah seorang blogger biasa, karena Faceboook Ads ini tidak ada syarat apakah anda perlu memilii produk, apakah anda perlu memiliki e-commerce, dan sebagainya.

Tapi jika anda seorang pebisnis, bagus kok melakukan Promosi di sini, Peluang untuk mendapatkan Calon pembeli juga sangat besar. Tapi tidak apa kita lupakan soal itu,

kali ini kita fokus pada Facebook Ads untuk blog.

Nah, potensi mendapatkan mengunjung dengan beriklan di facebook ini menurut saya juga akan banyak, kenapa? anda tahu sendiri kan siapa facebook, sebuah sosial media besar yang sudah berdiri sejak 2004, tentu penggunanya pun sangat banyak sekali.

Mungkin saat beriklan disini, anda harus mempersiapkan settingan iklan agar nantinya banyak yang mau mengklik link blog anda. lihat contoh di bawah ini , adalah contoh promosi blog di Facebook Ads.

Perlu di ketahui, nantinya setelah anda beriklan disini, iklan anda akan sampai kemana-mana, sampai ke beranda siapapun, eits, tapi tergantung pilihan (nanti akan ada pilihan jangkauan kok).

Kesimpulan

Kalau bisa saya simpulkan disini, bahwa strategi Promosi itu perlu di terapkan di blog, baik baru ataupun yang sudah lama.

Kenapa? Mempromosikan blog itu merupakan salah satu optimasi SEO Off Page dan perlu sekali untuk mendongkarak nama dari blog anda untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog anda.

Baca Juga : Perbedaan SEO Onpage dengan SEO Offpage

Menurut saya baik GRATIS maupun BERBAYAR itu sama saja, asalkan kita pintar-pintar aja mau memanfaatkan setiap strategi promosi dengan baik dan tidak melanggar kebijakan dari Google.

Exit mobile version