Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools

Meanwhile, it has set a 12.11 percent tax-to-gross domestic product (GDP) ratio.

cara daftar google webmaster tools

Butuh waktu berbulan-bulan agar blog dapat dikenali google. Karena itulah kenapa kita harus mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools atau Google Search Console.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, butuh serangkaian proses agar konten bisa menduduki halaman pertama mesin pencari. Proses pertama adalah blog harus sudah terindeks dulu. Karena bagaimana pun tanpa adanya indeks proses Retrieval atau Ranking tidak akan pernah bisa dilakukan. Oleh karena itu, biarkan google merayapi blog anda dalu dengan mendaftarkan ke Google Search Console.

Ketika blog sudah mulai terindeks, maka proses selanjutnya adalah Retrieval dan Ranking. Pada proses ini google akan melihat konten anda, apakah sesuai dengan kebijakan mereka? apakah sudah memematuhi algoritma mereka? atau apakah sudah relevan dengan pengguna?

Jika konten anda sesuai dengan syarat diatas, maka bersiaplah mendapatkan ledakan trafik pengunjung dari google yang secara tidak langsung dapat menguntungkan bisnis anda.

Perlu anda ketahui disini, setiap mesin pencarian memiliki search console nya sendiri-sendiri. Misalnya saja Bing, Yandex, Yahoo, Baidu, Duckduckgo dan lain sebagainya. Namun karena google adalah rajanya mesin pencari atau hampir semua pengguna lebih suka mengakses internet lewat google, maka kali ini saya hanya membahas Cara submit blog di Google Webmaster Tools saja.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com Untuk Pemula

Sejauh ini ada tiga Cara mendaftarkan blog atau website ke Google Search Console + cara submit sitemap berdasarkan platform yang digunakan:

1. Cara Submit Blogger.com ke Google Webmaster tools

2. Cara Submit WordPress ke Google Webmaster tools

Caranya hampir sama seperti diatas..

Catatan: ambil kode pada tanda kutip saja, tidak perlu paste semua kode html.

3. Cara Submit Blog Ke Google Webmaster Tools Melalui Cpanel (Cara Manual)

Selain cara diatas, anda bisa melakukan verifikasi melalui cpanel. Begini caranya:

4. Cara Submit Sitemap blog ke Google Webmaster Tool

Agar mesin pencari dapat melakukan perayapan dengan sempurna, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah membuat sitemap atau peta situs.

  1. Masuk ke properti blog anda pada laman dashboard google search console
  2. Cari menu Peta Situs pada menu Indeks
  3. Tambahkan peta setus baru dengan mengetikan “sitemap.xml”
  4. Jika peta situs berhasil ditambahkan, maka akan ada tulisan “sukses”
  5. Selesai

Sekarang blog sudah terverifikasi oleh Google Webmaster Tools. Sitemap blog juga sudah tersubmit dengan baik. Dengan begitu google akan mulai merayapi tiap laman dan postingan Anda. Ditambah, setiap Anda menerbitkan artikel baru maka robot google langsung merayapi, mengindeks dan menampilkan blog anda di mesin pencari.

Kesimpulan

Dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tools berarti anda sudah melakukan satu langkah yang baik untuk pengoptimalan halaman pencarian. Teruslah membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca, agar Googlebot lebih aktif lagi merayapi konten terbaru Anda. Dengan begitu blog Anda akan mudah terindeks dan mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian.

Exit mobile version