Perbedaan Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Negatif Keyword Dalam Google Adwords

Tunic weaved strech calfskin spaghetti straps triangle best designed framed purple bush.

tipe keyword google ads

Bagi Anda yang ingin beriklan di Google Adwords tentu tidak akan lepas dari pemilihan kata kunci yang tepat. Iklan Anda bisa muncul di halaman pencarian Google saat pengguna mesin mencari mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan target. Iklan yang muncul biasanya di bagian paling bawah atau paling atas dan diberikan label Iklan untuk membedakannya dengan hasil pencarian organic.

Pengertian Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Negatif Keyword

Ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui saat hendak beriklan di Google Adwords. Istilah tersebut membantu Anda memahami penggunaan kata kunci yang tepat untuk iklan Anda. Istilah-istilah tersebut adalah Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Negatif Keyword. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya sebutkan pengertian masing-masing dari istilah di atas.

Broad Match

Broad Match adalah tipe keyword yang otomatis akan memunculkan iklan Anda di halaman mesin pencari saat pengguna mesin mencari mengetikkan kata kunci/keyword yang dianggap relevan. Keyword yang dianggap relevan pada broat match adalah :

  1. Keyword yang memang Anda targetkan
  2. Sinonim
  3. Singkatan
  4. Salah penulisan

Misalnya Anda menargetkan keyword (tanpa tanda petik) “Baju Wanita” untuk iklan Anda di Google Adwords,  maka iklan Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian jika pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci : Baju wanita, Pakaian perempuan, Kaos wanita, kaos perempuan, baju perempuan, dan semisalnya.

Demikian pula jika pengguna salah dalam pengetikan (typo), misalnya mengetikkan keyword : baju anita atau mengetik singkatan misalnya baru pr, maka iklan Anda tetap akan muncul karena dianggap relevan.

Penggunaan Broad Match bersifat sangat luas sehingga potensi iklan Anda untuk muncul berkali-kali di halaman pertama hasil pencarian Google semakin banyak, sehingga otomatis audiens (pengunjung) yang datang ke situs Anda akan semakin banyak. Tentu saja Broad Match ini ada kekurangannya, karena jumlah klik iklan yang harus Anda bayar semakin banyak dalam waktu singkat sehingga budget periklanan Anda di Google Adwords cepat habis, sementara para pengunjung yang datang belum tentu membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Broad Match Keyword Ads May Show On Searches For
women’s hats women’hats
buy ladies hats
womens caps
hats for girls
womens hats
buy red hats for women

Phrase Match

Broad Match adalah tipe keyword yang menggunakan phrase (“…”).  Misalnya Anda menentukan keyword untuk iklan Anda adalah “Baju Wanita”, maka otomatis iklan Anda akan dimunculkan di halaman pertama hasil pencarian Google jika pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci yang Anda targetkan atau pasangan kata kunci selama cocok dengan pharase yang digunakan. Jika pengguna mengetikkan kata kunci  : Baju wanita, Baju wanita murah, toko baju wanita, Diskon baju wanita, Baju wanita online, maka iklan Anda akan muncul. Sebab semua kata kunci tadi relevan dengan phrase “baju Wanita”.

Penggunaan Pharase Match untuk kata kunci iklan Anda menjadikan hasil pencarian yang akan memunculkan iklan Anda lebih dipersempit dan lebih tertarget. Hal ini akan berdampak positif pada biaya periklanan Anda karena budget periklanan Anda di Google Adwords tidak akan cepat habis. Pengunjung yang datang ke situs Anda juga lebih tertarget sehingga konversi penjualan produk atau jasa Anda lebih besar.

Phrase Match Keyword Ads May Show On Searches For Ads won’t show on search for
“women’s hats” women’s hats
buy women’s hats
woman’s hats
Women’s hats
girls hats
womens baseball hats

Exact Match

Exact Match adalah tipe keyword yang menggunakan simbol [ ].  Misalnya Anda menentukan keyword untuk iklan Anda adalah [Baju Wanita], maka  iklan Anda hanya akan dimunculkan di halaman pertama hasil pencarian Google jika pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci yang sama persis dengan keyword yang Anda targetkan, yaitu Baju Wanita. Jika pengguna mengetikkan kata kunci : baju wanita murah, toko baju wanita, baju perempuan, kaos wanita, dan semisalnya, maka iklan Anda tidak akan muncul  karena kata kunci yang diketikkan tidak sama persis dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Penggunaan Exact Match untuk kata kunci iklan Anda menjadikan hasil pencarian yang akan memunculkan iklan Anda jadi lebih tertarget lagi. Iklan Anda hanya akan muncul di halaman pencari jika pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci yang sama persis dengan kata kunci yang Anda targetkan di Google Adwords.

Tentu saja pengunjung yang datang ke situs Anda dengan penggunaan Exact Match jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan Broad Match dan Phrase Match. Meskipun demikian, pengunjung yang datang jauh lebih tertarget dan tingkat konversi penjualan produk atau jasa Anda jauh lebih besar, disamping budget periklanan Anda di Google Adwords tidak akan cepat habis.

Exact Match Keyword Ads May Show On Searches For Ads won’t show on search for
[women’s hats] women’s hats
woman’s hats
buy women’s hats
women’s hats on sale

Negatif Keyword

Jika Anda ingin mengiklan produk baju anak misalnya, Anda bisa mengecualikan baju dewasa atau pakaian dewasa dengan menggunakan negatif keyword seperti –dewasa. Penggunaan negatif keyword dengan penggunaan simbol (-) pada masing-masing keyword yang ingin dikecualikan.

Keuntungan penggunaan negatif keyword yang benar akan membantu Anda menghemat budget periklanan Anda di Google Adwords , meningkatkan relevansi, serta meningkatkan konversi penjualan produk atau jasa Anda. Tentu saja dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman agar bisa menentukan negatif keyword yang tepat saat Anda ingin beriklan di Google Adwords.

Hanya saja perlu diingat bahwa mencantumkan terlalu banyak negatif keyword saat hendak beriklan di Google Adwords bukanlah merupakan langkah yang tepat, karena justru akan membuat Anda kebingungan untuk menemukan negatif keyword penyebab masalah kurangnya konversi penjualan. Akibatnya, Anda harus memulai kembali prosesnya dari awal.

Exact Match Keyword Ads May Show On Searches For Ads won’t show on search for
-women girls’ hats
sun hats
buy women’s hats
women’s hats on sale
-“women’s hats” girls’ hats
women’s baseball hats
women’s hats
Women’s hats
women’s hats for sale
want to buy women’s hats
-[women’s hats] buy women’s hats
women’s hats on sale
women’s hats
Women’s hats

Level yang Tepat Untuk Penerapan Negatif Keyword

Setelah Anda memilih daftar negatif keyword yang akan digunakan pada iklan Anda di Google Adwords, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan level yang paling tepat dalam menerapkan negatif keyword tersebut? Dalam hal ini ada 3 level yang bisa Anda pilih :

  1. Account level  : Pada level ini Anda memasukkan negatif keyword ke shared library yang nantinya bisa Anda gunakan di berbagai kampanye iklan pilihan.
  2. Campaign level  : Pada level ini negatif keyword biasanya diterapkan pada satu kampanye iklan. Hanya ingat, hal ini mengakibatkan risiko bertabrakan dengan keyword-keyword yang biasa diterapkan pada kampanye iklan lainnya.
  3. Ad Group level  : Pada level ini negatif keyword yang digunakan pada produk atau keywords tertentu. Misalnya, saat Anda hendak berjualan  tas pria, maka negatif keyword yang bisa digunakan adalah “wanita” atau “tas wanita”.

Demikianlah perbedaan Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Negatif Keyword pada postingan kali ini. Dengan mengetahui perbedaan di atas, tentu Anda sudah bisa menentukan target keyword yang ingin Anda gunakan saat beriklan di Google Adwords.

Exit mobile version