7 Manfaat Search Engine Optimization Untuk Bisnis

Bagi pelaku bisnis atau usaha, promosi dan teknik penjualan barang atau jasa merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Promosi dan teknik penjualan yang baik tentu dapat meningkatkan interest dari para calon konsumen.

Salah satunya adalah menggunakan website sebagai alat promosi atau tempat memasarkan produknya. Bagi anda pelaku bisnis yang baru memulai bisnis dengan website atau telah memiliki website, anda perlu mengetahui tentang apa saja manfaat optimasi SEO untuk keuntungan bisnis anda.

Baca Juga : Membuat Website Sendiri Cuma 30 Menit dengan WordPress Self Hosting

SEO atau Search Engine Optimiation adalah serangkaian upaya yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan ranking sebuah website pada mesin pencari. Semakin baik optimasi SEO pada website nya, maka akan semakin tinggi ranking website tersebut.

Baca Juga : 11 Cara Menaikan Rating Website Agar Rank 1 di Google

Apabila website berada pada halaman awal di mesin pencarian maka akan semakin banyak pengunjung potensial yang mengunjungi website kita.

Berikut akan dibahas manfaat apa saja yang akan anda peroleh jika melakukan optimasi SEO.

Baca Juga : Perbedaan On-Page SEO dan Off-Page SEO

1. Meningkatkan trafik potensial ke website bisnis

Apa yang dimaksud dengan trafik potensial? Trafik potensial adalah sebuah sumber yang memiliki keinginan atau ketertarikan pada produk atau jasa yang anda tawarkan pada website.

Perlu diingat, apabila website anda berada pada urutan pertama, dan banyak yang mengunjungi website anda, belum tentu hal tersebut sudah cukup. Karena jika anda salah target atau sasaran, maka pengunjung website anda tidak akan membeli produk yang anda tawarkan.

Misalnya anda menjual handphone, namun target anda justru pada orang yang hanya ingin mengetahui info tentang handpone. Trafik tersebut kurang sesuai dengan tujuan anda untuk menjual produk.

Saat anda melakukan optimasi website dengan baik, maka anda dapat memperoleh peringkat yang tinggi pada mesin pencari. Pengunjung internet akan lebih tertarik dan banyak mengklik hasil pencarian di halaman utama mesin pencari.

Baca Juga : Perbedaan Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Negatif Keyword Dalam Google Adwords

Pengguna internet dalam mencari produk biasanya menuliskan kata kunci yang unik dan lebih spesifik. Hal ini bertujuan agar seseorang menemukan yang ia cari dengan cepat dan efektif. Optimasi SEO tentu menjadi hal penting untuk mengukur dan mengetahui kata kunci apa yang sering dicari pengunjung dan tepat untuk dapat menghsilkan trafik potensial.

HubSpot State of Inbound melaporkan bahwa kurang lebih 59% pemasar mengatakan bahwa optimasi SEO dapat memberikan prospek yang berkualitas tinggi pada hasil penjualan mereka.

2. Memudahkan kegiatan promosi produk

Jika anda telah merasa melakukan promosi produk anda secara langsung menggunakan selebaran atau semacamnya tentu akan memakan banyak waktu dan hasil yang diperoleh kurang efisien karena hanya menjangkau kelompok yang kecil.

Dengan optimasi SEO yang baik kegiatan berpromosi produk menjadi hal yang lebih mudah untuk dilakukan dengan terget pasar yang lebih potensial. Kita tidak perlu repot mendatangi pelanggan untuk mempromosikan produk, namun pelanggan lah yang akan mencari produk dan datang pada kita.

Kita hanya perlu melakukan optimasi SEO dan dan optimasi pada website agar lebih mudah diketahui calon pembeli.

3. Meningkatkan Brand Awarness

Brand awarness merupakan kemampuan seseorang atau calon konsumen untuk mengenali dan mengingat sebuah barand atau merek. Idealnya brand awarnes dapat mencakup kualitas produk yang dapat membedakan dengan produk lain dari para pesaingnya.

Jika sebuah merek sudah memiliki nama besar atau populer tentu dapat meningkatkan penjualan produk secara signifikan. Salah satu cara dalam menigkatkan brand awarness adalah dengan teknik SEO.

Saat pengguna internet mencari suatu informasi yang berhubungan dengan brand atau produk serupa dengan yang anda pasarkan, mereka akan mencari informasi tentang produk dan membandingkan dengan produk lainnya.

Jika website kita berada pada halaman awal mesin pencari tentu akan meningkatkan reputasi brand kita. Setelahnya, buat promosi semenarik mungkin pada website anda dan yakinan calon pebeli bahwa produk anda lebih baik dari produk lain. Semakin terkenal brand anda, maka semakin tinggi permintaan pada produk anda.

4. SEO Memberikan Fasilitas Word of Mouth Dan Referral Marketing

Word of Mouth atau biasa disingkat WOM adalah usaha pemasaran yang dapat memicu calon konsumen untuk membicarakan, mempromosikan, dan juga merekomendasikan produk kita kepada pelanggan lainnya. Ringkasnya WOM merupakan salah satu cara promosi produk dari mulut ke mulut.

Saat seseoran mendengar suatu produk yang direkomendasikan oleh orang lain, biasanya ia akan mencari produk yang sama atau serupa dengan yang direkomendasikan orang lain. Misalnya seseorang ingin membeli sepeda dan mencari kata kunci “sepeda murah di Jakarta” maka akan banyak website yang menyediakan produk serupa.

Bayangkan jika website anda berada pada posisi teratas di mesin pencari, tentu dapat dapat dipastikan jika trafik potensial pada website kita akan meningkat.

Apabila calon customer ingin mencari produk anda di Internet, namun karena anda belum melakukan optimasi SEO, dan website anda berada pada peringkat bawah, maka akan membuat calon customer tidak dapat menemukan website anda, dan anda kehilangan peluang besar untuk meningkatkan pemasaran produk anda.

5. Meningkatkan keunggulan produk dibanding kompetitor

Jika terdapat dua bisnis yang bergerak di bidang yang sama, yang satu telah menerapkan SEO dengan baik dan yang lainnya belum, maka manakah yang menurut anda lebih unggul? Tentu saja yang telah menerapkan optimasi SEO dengan baik.

SEO merupakan salah satu strategi marketing yang angat baik dan dapat membuat produk kita lebih unggul dibandingkan dengan produk lain yang serupa.

6. Mendapatkan Data Pelanggan Secara Gratis

Belakangan ini banyak pelaku bisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media elektronik atau platform digital dengan tujuan untuk mendapatkan data calon customers.

Jika website anda berada pada halaman pertama mesin pencari maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan data dari pengunjung website anda secara gratis. Data yang dapat diperoleh diantaranya jumlah pengunjung website, demografi, halaman situs yang paling sering dibuka, lama waktu pengunjung membuka halaman, dll.

Data tersebut dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk menentukan strategi yang lebih sesuai dan untuk memajukan bisnisnya.

7. SEO Bekerja 24 jam

Berbeda dengan teknik promosi yang lainnya, SEO akan terus menerus bekerja selama 24 jam non-stop untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Selain bekerja non-stop, SEO juga lebih menguntungkan dalam hal keuangan, karena anda telah mendapatkan tempat berjualan dengan trafik potensial secara gratis.

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan tentang apa saja manfaat SEO untuk bisnis. Optimasi SEO adalah proses berkelanjutan yang harus dilakukan secara terus menerus karena Search Engine seperti Google selalu memperbarui Algoritma dan hasil pencarian mereka dan menyaring website yang untuk ditapilkan pada halaman awal mesin pencari. Jika anda merasa kesulitan untuk melakukan optimasi SEO, anda dapat mempelajari teknik dasar dan cara optimasi SEO disini.

Exit mobile version