Cara Membuat Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Penjualan

Anda memiliki bisnis? jangan lupa daftarkan bisnis anda di Google My Business. Mungkin sebagian dari anda belum terlalu paham akan pengertian dari GMB, Nanti akan kita bahas lebih lengkap dan cara mendaftarkan bisnis anda di sana.

Akun Google Bisnisku adalah sebuah upaya untuk mengklaim suatu kepemilikan profil Bisnis, mendapatkan hak pengelolaannya, dan meningkatkan visibilitas kamu sebagai pemilik usaha.

Jangan anggap ini tidak ada gunanya, sebab sudah banyak pemilik usaha yang mendaftar bisnis mereka disini, banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan. Oke untuk lebih jelasnya akan kita bahas di bawah ini.

Apa itu Google My Business?

Google My Business atau bisa di sebut dengan Google Bisnisku adalah sebuah alat yang memungkinkan anda mengelola dan mengoptimalkan Profil Bisnis di Google.

Atau arti mudahnya adalah dengan GMB ini anda bisa membuat calon klien mengetahui secara lengkap tentang bisnis yang anda kelola, seperti Nama bisnis, Lokasi bisnis, Jam opersional, foto yang berkaitan dengan bisnis anda, review dari klien-kline anda, dan sebaginya.

Masih binggung? coba lihat gambar di bawah ini.

Mungkin anda pernah melihat tampilan seperti itu ketika melakukan pencarian pada sebuah bisnis. Nah itulah yang dinamakan Google Bisnisku untuk membuatnya seperti itu kita harus melakukan proses pendaftar terlebih dahulu (akan kita bahas di bawah), coba lihat saja begitu bermanfaatnya jika Bisnis anda terdaftar di sana.

Bukan hanya akan tampil di pencarian dakstop atau mobile saja, profil ini juga akan terlihat Google Maps. Google tidak memutuhkan apapun untuk menampilkannya selain nama bisnis, lokasi, dan kategori. Setelah Google mengonfirmasi bahwa ini adalah bisnis asli dan bukan duplikat maka Profil anda akan ditampilkan.

Klien akan bebas meninggalkan ulasan/review, menambahkan foto, mengajukan pertanyaan, dan anda juga bisa menjawan pertanyaan tersebut.

Manfaat menggunakan Google Bisnisku

Manfaat utama kenapa anda perlu menggunakan Google Bisnisku karena sebagian besar pengguna smartphone menggunakan Google, itu artinya bisnis anda mungkin saja berpotensi besar dilihat dan diakses oleh banyak pengguna.

Semakin terlihat bisnis anda maka akan semakin sering juga bisnis anda muncul di hasil penelusuran = besar pula peluang untuk menarik perhatian orang. Bayangkan saja ini adalah alternatif yang sangat inovatif serta lebih praktis untuk iklan konvesional.

Mungkin itu hanya gambaran saja, akan kita ulas beberapa kemungkinan yang akan anda dapatkan jika menggunakan Google Bisnisku.

1. Memungkinakan bisnis muncul di pencarian paket lokal

Apakah anda pernah melihat daftar seperti di atas? itulah yang di namakan Local search, dimana bisnis anda akan terhubung dengan target audiens dalam lingkup lokal, lokal ini maksudnya adalah orang yang berada didalam area terdekat bisnis tersebut.

Jad Pakel lokal adalah Halaman hasil pencarian yan menampilan tempat-tempat yang terkait dengan pencarian, hal ini mencakup sekumpul informasi yang relevan untuk di akeses oleh audiens, seperti dimana letak bisnis tersebut, nomer kontak, harga, jam oprasinonal, dam rating.

Jika bisnis anda muncul di pencarian ini, bukan tidak mungkin lagi anda akan mendapatkan calon klien.

2. Memungkinkan orang untuk Meninggalkan Review tentang Bisnis anda

Percaya tidak percaya banyak orang yang mengandalkan ulasan atau review sebagai keputusannya untuk membeli. Faktanya, sebanyak 93% pelanggan dipengaruhi oleh ulasan online yang ditulis oleh pelanggan lain (https://www.shopify.com/retail/119916611-how-online-reviews-impact-local-seo-and-why-they-matter-to-your-bottom-line)

Anda tidak boleh meremehkan ini, sebab review dari pelanggan adalah kekuatan dari bisnis anda, terutama dalam hal peringkat. Menggunakan Google Bisnisku bisa memudahkan pelanggan anda untuk meninggalkan umpan balik positif tentang bisnis anda.

3. Gambar yang ditampilkan Memberikan Kesan

Jika anda lihat pada gambar di atas akan terlihat 3 gambar yaitu lokasi maps, gambar luar kantor, gambar di dalam kantor, bagaimana kesan anda pertama melihatnya? menarik kan.

Inilah ang saya maksud bahwa halaman Google My Busniss ini memberikan sentuhan yang cerdas secara digital pada branding online dari bisnis anda.

Ini aka memungkinkan pelanggan terpikat secara visual, maka saran saya adalah uploudlah foto dan video toko atau produk anda semenarik mungkin.

4. Ini Benar-benar Gratis dan Mudah Digunakan!

Alat yang efesien dan bermanfaat ini gratis, dan benar-benar mudah diguanakan bahkan untuk pemula sekalipun dapat memanfaatkan alat ini untuk mempromosikan bisnis mereka.

Tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dan dapat digunakan untuk meningkatkan kehadiran online dari binsi anda, terhubung dengan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan anda.

5. Anda dapat melihat insight tentang bisnis yang anda daftarkan

Ini bukan hanya dapat mempromosikan produk dan layanan dari bisnis anda, melainkan juga bisa membantu anda dalam memahami Pasar.

Bagaimana ini mungkin?

Begini, Google bisnisku hadir dengan berbagai fitur canggih yang bisa memberikan anda informasi atau wawasan penting untuk membantu anda membuat strategi dalam mengambil keputusan.

Maksudnya adalah dengan alat ini anda bisa melihat berbagai statisik dari profil bisnis anda, mengetahui interaksi dari audiens, melihat audiens dari usia, jenis kelamin, bahkan negara asal meraka, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Profil di Google Bisnisku

Mungkin ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu, tidak perlu menunggu waktu lama-lama untuk mendaftarkan bisnis anda di Google Bisnisku, dan siap-siap mendapatkan banyak manfaat seperti yang sudah anda baca di atas.

1. Silahkan anda buka link berikut ini, kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini. Karena ini langkah awal, maka anda harus mendaftarnya telebih dahulu, silahkan klik Kelola Sekarang.

2. Apa nama bisnis yang akan anda tampilkan di profil Google Bisnisku, Silahkan masukkan saja nama bisnis anda di kolom yang tertera. Setelah fix silahkan klik Berikutnya.

3. Bisnis itu juga butuh kategori, ini akan membantu orang menemukan bisnis yang anda kelola. masukan nama dikolom kosong yang di sediakan (pastikan anda memilih kategori yang sesuai), kemudian klik Berikutnya jika sudah.

4. Saatnya mengisikan Alamat tertulis dari tempat bisnis anda, lihat pada kolom 1 di bawah, di situ anda bisa mengisikan alamat lengkap dimana pelanggan dapat menemukan bisnis anda. Klik berikutnya.

5. Tidak hanya sekali saja pengisian alamatnya, jika yang ini anda harus menentukannya di peta Google Maps. Coba arahkan panah merah ke tempat bisnis, kemudian klik Berikutnya jika selesai.

6. Ini adalah bagian (opsional) jadi anda ingin mengisi silahkan, tidak juga silahkan. Apa fungsinya jika saya mengisi bagian ini? jadi ini adalah bagian dimana anda bisa memberitahu orang area layanan anda beroperasi dimana saja sehingga ini akan mendatangkan klien yang relevan dan tepat.

7. Ada dua kolom yang harus anda isi, yaitu nomer telepon kontak dan juga URL situs bisnis anda (jika ada). Sudah terisi? silahkan klik Berikutnya.

8. Ini sebenarnya adalah bagian penting, anda bisa lihat ada dua bagian yang bisa anda pilih. yang atas adalah konfirmasi untuk verifikasi akun anda dan yang kedua adalah bagian untuk menunda verfikasi.

Kenapa ini penting? sebab dengan tidak melakukan verifikasi anda tidak bisa menggunakan fitur dari Google Bisnisk secara penuh. Maka saran saya anda melakukan verifikasi terlebih dahulu, anda bisa membaca panduan berikut ini untuk lebih jelasnya. https://khairil.web.id/blog/langkah-mudah-untuk-verifikasi-google-bisnisku/

Cara Optimasi Profil Google Bisnisku

Setelah anda memiliki akses ke dasbor Google bisnisku, maka langkah berikutnya adalah melakukan pengoptimalan guna membuat kesan saat orang melihat porfil bisnis anda.

Untuk membantu anda dalam membisualisasikan apa yang saya maksud, mari kita lihat gambar di bawah ini.

Benar sekali! yang sudah di optimasi akan terlihat profesional untuk dilihat dan memiliki lebih banyak informasi. dan Inilah yang perlu anda lakukan yaitu Mengoptimasinya.

1. Melengkapi berbagai informasi bisnis anda

Silahkan masuk ke dasbor akun Google Bisnisku, kemudian buka tab Info. di sanalah anda bisa mengatur penuh setiap detail informasi dari bisnis anda, inilah bagian yang akan di tampilkan di kolom pencarian.

Ada berbagai pengaturan yang bisa anda setting, dan tentunya anda tidak boleh berbohong soal ini jika tidak mau mendapatkan ulasan negatif.

Kenapa ini sangat penting? begini Kelengkapan suatu profil bisnis bisa membantu Anda untuk menaikkan peringkat daripada Bisnis anda di hasil pencarian lokal, dan juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan yang tertarik dengan bisnis anda.

Note : Bagian ini tidak akan bisa di akses, jika anda belum melakukan Verifikasi!

2. Saatnya mengganti foto

Ini juga sangat penting, anda tidak boleh melewatkan bagian ini. Menurut Google sendiri Bisnis dengan foto cenderung mendapatkan 35% klik lebih banyak ke situs web mereka dan 42% juga lebih banyak meminta petunjuk arah ke lokasi tempat bisnis tersebut.

Ada dua alasan yang bisa saya katakan kenapa ini penting :

Perlu digaris bawahi, bukan berarti saya menyarankan anda melakukan spam dengan menambahkan ratusan gambar sekaligus ke profil bisnis anda. Untuk jelasnya mari kita lihat cara dibawah dalam mengoptimalkan foto di Profil Bisnis anda.

1. Tambahkan setidaknya satu foto baru setiap seminggu sekali

2. Untuk foto sampul, silahkan gunakan foto yang benar-benar bisa mewakili merek anda. Namun jangan terlalu ribet karena google sendiri akan menampilkan foto ini tergantung dari kata kunci penelusuran.

3. Fokuslah pada gambar yang berkualitas tinggi yang memiliki penggambaran jelas.

4. Jika memungkinkan kamu juga bisa memanfaatkan Google Street View untuk menambahkan foto 360º ke profil anda.

5. Dan yang terakhir, mari kita lihat pendoman Google dalam rekomendasi foto di profil bisnis anda. https://support.google.com/business/answer/6123536

Kesimpulan

Jangan tunggu untuk memanfaatkan kekuatan Google dalam mengelola Bisnis anda, ini adalah langkah besar anda dalam membentuk strategi branding online.

Mendaftar Google Bisnisku adalah sebuah langkah kecil untuk membuat bisnis yang anda kelola menjadi lebih cerah, Ini gratis dan sangat berguna bukan hanya ide bagus untuk pemasaran lokal tetapi juga suatu keharusan.

Exit mobile version