Cara Membuat Postingan Blog di WordPress

cara membuat postingan blog di wordpress

Postingan atau Post adalah area yang paling sering digunakan saat membuat website dengan WordPress. Untuk membuatnya Anda bisa membuka menu Post >> Add New. Nanti disana Anda akan melihat blok-blok dari Gutenberg Editor.

Bagi yang sudah berpengalaman menggunakan WordPress, blok-blok tersebut pasti sudah sangat familiar, namun bagaimana dengan pemula? tentu itu akan terlihat asing dan sedikit membingungkan.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan arahan bagaimana cara membuat postingan dI Gutenberg Editor. Saya juga akan mencoba menggambarkan secara rinci bagaimana cara optimasi semua fitur yang ada di area tersebut.

Pengenalan Gutenberg Editor

Gutenberg adalah editor WordPress versi 5.0 yang berfungsi membantu pengguna dalam menulis postingan. WordPress mengklaim editor baru ini jauh lebih efisien jika dibandingkan pendahulunya Classic Editor. Sistem blok dan Drag and Drop dikatakan lebih mudah digunakan pemula dalam membuat postingan.

Pada bagian ini saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara menggunakan Gutenberg Editor untuk membuat postingan di WordPress.

Cara Membuat Postingan di WordPress dengan Gutenberg Editor

Pertama silahkan Buka dashboard WordPress >> Klik Post >> Add New. Disini Anda akan melihat blok-blok Gutenberg Editor seperti pada gambar dibawah ini:

Blok pertama pada Gutenberg Editor adalah judul postingan. Anda bisa menuliskan judul postingan disini.

Selanjutnya adalah blok badan postingan. Disini Anda bisa menuliskan dan menempatkan isi konten, baik tulisan, gambar maupun video.

Cara Buat Heading Tag dan SubHeading Tag

Tag Heading dan Subheading berfungsi sebagai penanda agar pembaca mudah paham atas poin-poin yang Anda tulis. Ini Sama seperti Bab dan Subbab pada buku bacaan.

Di Gutenberg Edior, kita bisa dengan mudah membuat Tag Heading dan Subheading. Tinggal pilih blok Tajuk Anda bisa langsung membuat Tag Heading.

Disana ada tiga pilihan Tag Heading, yaitu H2, H3, dan H4. Ukuran teks H2 paling besar diantara Tag lainnya.

Cara Menambahkan Gambar di Postingan

Tambahkan gambar kedalam postingan Anda agar lebih menarik. Adapun cara menambahkan gambar pada postignan di WordPress adalah sebagai berikut:

Pilih salah satu block lalu Klik Gambar

Selanjutnya Anda bisa memilih tiga metode gambar

Cara Menambahkan Video

Selain gambar, Anda juga bisa menambahkan video. Tapi Ada yang harus diperhatikan disini, sebetulnya video bisa Anda unggah langsung dari komputer / laptop, namun cara itu tidak disarankan karena dapat membebani kapasitas disk space hosting Anda.

Jadi untuk menambakan video sebaiknya gunakan cara embed. Cara ini bertujuan agar space server hosting tidak cepat penuh dengan file video yang memiliki size besar. Hanya perlu menambah URL video dari internet, pembaca Anda sudah bisa menonton video di postingan Anda

Menariknya, pembaca tidak perlu repot-repot pindah ke website sumber untuk menonton video. Mereka bisa langsung menonton di postingan Anda. Cara ini efektif dan saling menguntungkan semua pihak, website Anda tidak terbebani, pembaca tetap bisa menonton video di website Anda.

Berikut cara menambahkan video dengan embed :

Pilih salah satu Blok lalu klik tanda plus

Kemudian cari sampai Anda menemukan menu Sematan (Embed)

Kemudian silahkan pilih paltform sebagai sumber video yang akan dimuat di postingan. Biasanya sumber video diambil dari Youtube. Namun, Anda juga bisa memilih dari sumber lain.

Terakhir, tinggal masukan URL video untuk postingan.

Cara Insert Link

Untuk menambah tautan (link), baik itu internal link maupun eksternal link, Anda bisa mengikuti cara seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Featured Image

Featured image adalah gambar utama postingan yang biasanya muncul di thumbnail pada Main Menu dan Navigasi seperti Popular Post atau Recent Post. Contohnya bisa kita liat gambar dibawah ini:

Jadi setiap postingan blog atau website magixel memiliki featured image yang menggambarkan isi konten.

Cara menambahkan featured image berbeda dengan cara menambah gambar di postingan. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama – Buka Gutenberg Editor kemudian pilih menu Featured Image pada menu navigasi sebelah kanan tab dokumen.

Setelah itu, pilih Set Featured Image dan Anda akan di arahkan ke jendela pop up untuk unggah foto.

Berbeda dengan unggah gambar di postingan, featured image hanya bisa dityambahkan melalui unggah menu navigasi sebelah kanan Media Library. Anda juga tidak bisa menggunakan URL link untuk featured image.

Cara Membuat Kategori dan tag

Untuk memudahkan pembaca, Anda perlu mengelompokkan postingan berdasarkan Kategori dan Tag. Ini sangat dibutuhkan agar pembaca tidak kesulitan mencari topik yang sedang mereka cari di blog atau website Anda.

Anda bisa membuat kategori dan tag berdasarkan topik yang relevan. Misal pada blog magixel ini, memiliki Kategori Digital Marketing, Blogging, Webmaster, dan Bisnis Online.

Silahkan pergi ke Menu Sidebar kiri di dashboard WordPress Anda untuk menambahkan kategori dan Tag.

Untuk mengelompokan kategori silahkan ke menu kanan Tab Dokumen dan cecklist kategori yang di inginkan. Untuk tag silahkan Tambah Tag baru secukupnya, jangan berlebihan.

Cara Save, Draft dan Publish Postingan

Setelah selesai membuat konten, Anda perlu menerbitkan agar bisa dibaca banyak orang. Namun jika Anda belum siap, maka Anda bisa menyimpannya sebagai draft (1).

Sebelum menerbitkan konten, Anda bisa melihat isi konten dengan klik Priview (2) terlebih dahulu. Preview ini hanya bisa dilihat oleh Anda. Jadi Anda bisa mengecek apakah ada kesalahan di postingan Anda.

Apabila konten sudah siap diterbitkan. Silahkan Klik Publish (3) dan ketika itu juga postingan Anda sudah terbit. Anda juga bisa mengatur jadwal penerbitkan berdasarkan waktu yang di inginkan. Misal, Anda ingin menerbitkan konten untuk besok atau lusa. Silahkan klik Immediately (4) untuk mentaturnya. Selanjutnya tinggal pilih tanggal penerbitan yang di inginkan. Terakhir klik tombol Schedule yang mulanya adalah tombol Publish.

Perbedaan Halaman (Page) dan Postingan (Post) di WordPress

Post pada dasarnya sama dengan Page (Halaman), namun untuk memuat konten sebaiknya lakukan di Post, bukan di Page.

Berikut alasannya

Page adalah halaman statis yang isi kontennya jarang berubah. Page (Halaman) biasanya digunakan untuk halaman Kontak Kami, Tentang Kami dan Privacy Policy.

Post merupakan halaman dinamis yang khusus untuk menempatkan konten artikel maupun media seperti gambar atau video yang selalu update. Post juga dilengkapi Categories, Tag (Label), kolom komentar dan RSS Feed.

Untuk lebih jelasnya kita lihat perbedaan antara Halaman (Page) dengan Postingan (Post) di WordPress berikut ini:

Kesimpulan

Postingan adalah ujung tombak keberhasilan suatu blog atau website. Jika asal-asalan, blog atau website Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi buatlah postingan yang bermanfaat bagi pengunjung, dan berikan solusi atas permasalahan mereka. Setelah menerbitkan artikel jangan lupa untuk mendaftarkan blog di google webmaster tools.

Exit mobile version