Cara Membuat Thumbnail Youtube yang Menarik Secara Online di PC dan Android

Yang berkunjung di sini saya yakin 90% sudah memiliki channel Youtube, Tak heran memang melihat perkembangan teknologi digital dan internet saat ini, seperti situs berbagi video terbesar di dunia Youtube.

Faktanya ada sektar 1,9 miliar pengguna yang mengunjungi YouTube setiap bulannya, inilah yang mendorong banyak sekali orang di dunia yang ingin menjadi seorang Youtuber. Kalau di hitung-hitung hanya membuat video dan menguploudnya anda sudah bisa menghasilkan uang di youtube. Tapi perlu di garis bawahi bahwa agar bisa sampai titik itu diperlukan perjuangan.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan 1000 Subscriber Pertama di youtube

Tahu tidak sebagai seorang Youtuber pemula atau yang sudah lama, kita itu perlu sebuah Engagement guna membuat video yang kita Uploud menjadi nomer satu, salah satunya adalah Thumbnail.

Oke, mungkin sebagian yang membaca ini sudah mengerti apa itu thumbnail, maka saya tidak akan membahasnya lebih lanjut tentang ini. Yang ingin berikan kepada kalian adalah Aturan dan Cara membuat Thumbnail yang menarik dan mengundang klik, Selengkapnya bisa anda baca di artikel ini.

Ukuran Thumbnail Youtube

Ini yang sering di abaikan oleh Youtuber pemula, yaitu tidak memperhatikan size thumbnail itu sendiri. Menambahkan thumbnail youtube sudah di jelaskan Google dan inilah rekomendasi thumbnail kustom yang yang harus kamu terapkan :

Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik

Sudah saya singgung di atas, bahwa pembuatan thumbnail yang menarik dan unik akan mengundang klik dari pengunjung Youtube. Dengan membuat thumbnail yang “clickbait” bisa di pastikan video anda akan di lihat oleh pengunjung, Namun jangan kecewakan dengan video yang di dalamnya.

Gambar thumbnail harus bisa mendukung apa yang ada di dalam isi Video, yang akan saya ajarkan di sini adalah membuat dengan cara drop and drag aja, jadi tidak serumit membuat secara manual.

Oke inilah cara yang bisa anda lakukan untuk mengcreate thumbnail yang unik, menarik, dan berpotensi mendatangkan views.

Cara Membuat Thumbnail YouTube di Laptop

ya mungkin dengan menggunakan laptop hasil thumbnail yang akan kamu bua menjadi lebih powerful, karena lapto sendiri memliki banyak software canggih untuk editing foto termasuk thumbnial.

Dan yang akan kita gunakan di sini adalah Photoshop, ya memang software ini banyak di gunakan oleh para youtuber professional.

Saya akan ajarkan cara termudahnya saja, yaitu menggunkan file .PSD untuk mengedit thumbnail yang sudah ada.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android

Menggunakan HP tidak kalah dengan menggunakan Laptop, toh hasilnya juga sama nanti. Disini kita akan memanfaatkan aplikasi di Playstore yang bisa di gunakan untuk memuat Thumbnail youtube, jadi nanti sama dengan yang menggunakan laptop yaitu tinggal re-edit aja, tentu cara ini sangat mudah bukan?

#1 – Menggunakan Aplikasi Ultimate Thumbnail Maker

Aplikasi ini khusus untuk membuat thumbnail, sebenarnya bukan hanya thumbnail YouTube saja, melainkan ada juga cover Twitter, cover Facebook, Postingan untuk social media, dan lain sebagainya. Jadi anda bisa memilih nih tipe gambar yang ingin anda buat, plus dengan size setiap tipe nya.

#2 – Menggunakan Aplikasi Canva

Aplikasi ini adalah aplikasi editing gambar dengan kategori yang berbeda-beda, seperti contoh CV, Portofolio, Quotes, dan sebagainya. Ya salah satunya, anda bisa mebuat design thumbnail youtube di Canva, yaitu dengan template yang di sediakannya.

Memang tidak banyak template thumbnail disini, tapi tenang tools yang di sedikan menurut saya sudah lengkap hanya sekedar untuk membuat thumbnail. Oke berikut ini cara yang saya lakukan untuk membuat Thumbnail youtube di Canva.

#3 – Menggunakan Aplikasi Thumbnail Maker by Ryzenrise

Sebanrnya nih aplikasi ini sama dengan aplikasi nomer satu, ya fokus dari fitur aplikasi ini adalah Editing Thumbnail. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk membuatnya, yaitu dengan membuatnya sendiri/ mengcreate segala isinya atau juga bisa mengedit ulang template thumbnail yang sudah di sediakan.

Mungkin yang mudah adalah cara ke2 yaitu menggunakan template, disini ada banyak template thumbnail Youtube yang bisa anda gunakan, dan inilah caranya.

Cara Membuat Thumbnail Youtube secara Online

Cara kali mungkin di rasa favorit, karena anda tidak memerlukan aplikasi atau software apapun untuk membuat thumbnail, jadi nant anda bisa langsung mengCreate gambar thumbnail untuk Youtube langsung dari sebuah website alternatif dan online tentunya.

Kalau kita banding-bandingkan, cara ini tidak ada bedanya dengan cara menggunakan HP dan Laptop, karena hasilnya sama saja akan menarik, dan itu tergantung anda dalam mengkreasikan thumbnail.  Dan inilah cara untuk membuat thumbnail youtube tanpa aplikasi apapun.

#1 – Menggunakan situs Adobe Sprak

Sedikit akan saya singgung situs keren ini, Mungkin sebagian yang membaca ini sudah tahu lah dengan Perusahaan yang bergerak di bidang Software Komputer ini. Ada lo salah satu situs dari Adobe yang menyediakan fitur Editing secara online, ya salah satunya untuk design Thumbnail Youtube.

Sebenarnya Adobe Spark bukan hanya situs saja, ada juga aplikasi nya di HP, dan anda bisa mendownloadnya sendiri. Oke langsung saja akan saya ajarkan Cara untuk membuat thumbnail youtube dengan situs Adobe Spark.

Cara menghilangkan Watermark di Adobe Spark

Kalau anda perhatikan nih, di bawah kanan bagian gamba thumbnail anda akan menemukan Watermark dari Adobe Spark, tapi tenang itu bisa  kita hilangkan. Yaitu dengan cara berikut ini.

#2 – Menggunakan situs Picmaker

Yang berikut ini adalah situs yang khusus untuk membuat Thumbnail youtube secara online, jadi di dalamnya hanya berisi Template thumbnail dan menu editing secara online yang bisa anda gunakan secara gratis dan online.

Situs ini menurut saya yang terbaik dalam membuat thumbnail secara online, karena banyak sekali template menarik dan unik, dan ini pun Gratis lo. Inilah cara yang perlu anda lakukan untuk membuat thumbnail di Picmaker.

#3 – Menggunakan Situs Canva

Mungkin nama Canva sudah sangat popular di Android, yaitu dengan fitur editingnya yang lengkap dan mudah, mudah yang saya maksud disini adalah tinggal drag and drop aja, jadi kita bisa menemukan banyak template yang siap untuk kita edit ulang.

Canva ini sudah ada lo versi websitenya, fiturnya sama sebanrnya dengan yang ada di android, Namun menurut saya yang versi website lebih lengkap koleksi templatenya. Oke saya akan berikan cara membuat Thumbnail Youtube dengan Aplikasi canva, simak cara di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan kumpulan cara membuat thumbnail di atas? Dengan berbagai cara kita bisa membuat design thumbnail yang bagus dan mengundang klik dari pengunjung. Yang saya ajarkan di atas sebenarnya adalah cara yang paling mudah sekali, yaitu dengan memanfaatkan Template yang sudah di sedikan.

Thumbnail yang sekeren apapun kalau anda tidak melakukan Strategi Optimasi Youtube lainnya, maka ini akan percuma. Pastikan juga ini adalah salah satu bagian dalam cara mengoptimasi konten Channel Youtube anda.

Exit mobile version