Apa Perbedaan On-Page SEO dan Off-Page SEO?

apa itu seo onpage offpage

Berbicara soal Search Engine Optimization (SEO) tak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi mesin pencari, seperti Google dan lainnya. Maka dari itu teknik penerapan SEO hampir setiap tahun memiliki pendekatan yang berbeda.

Pasti sebagian dari Anda sudah tahu bahwa Google setiap tahunnya melakukan sejumlah perubahan pada Algoritma mesin pencari mereka. Sejauh ini, ada Panda, Penguin, Hummingbird, Pigeon. Dan, yang paling mutakhir, kini Google memiliki Bert.

Digadang-gadang praktisi SEO, Bert ini merupakan tonggak kesempurnaan Google dalam memahami bahasa manusia.

Nah, maka dari itu, teknik penerapan SEO ini tidak bisa disamakan dengan teknik di tahun-tahun sebelumnya.

Karena, akhir-akhir ini ini masih banyak juga orang yang berpikir ketika melakukan pencarian hanya bergantung pada kata kunci semata. Mungkin, untuk lima tahun ke belakang cara tersebut masih efektif. Namun, algoritma hari ini lebih menekankan pada mengoptimalkan halaman untuk pengguna.

Dan, salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi oleh pengembang konten di website adalah menganggap bahwa semua hal dalam SEO itu berada di bawah satu payung yang sama. Sebenarnya, ada dua cabang yang berbeda untuk dioptimalkan, yakni on-page SEO  dan off-page SEO.

Di artikel ini, kami akan membantu Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem SEO on-page dan off-page.

Semoga Anda bisa menyesuaikan strategi untuk model sistem SEO terkini, berikut ini ikhtisar menyeluruh dan penjelasan dari beberapa praktik terbaik:

Apa itu On-Page SEO?

Ketika Anda memikirkan taktik optimasi mesin pencari paling dasar seperti menggunakan kata kunci dalam salinan, Anda pasti akan mengoptimalkan deskripsi meta, kode HTML, tag judul, dan tag alt. Itulah basic on-page SEO. 

On-page SEO merujuk pada semua langkah yang dapat diambil secara langsung di dalam situs web Anda untuk meningkatkan posisinya di peringkat pencarian. Ini termasuk taktik dasar yang tercantum di atas, tetapi juga mempertimbangkan hal-hal seperti kualitas konten secara keseluruhan, kinerja halaman, dan struktur konten.

Lebih sederhananya, istilah on-page SEO adalah serangkaian proses optimalisasi yang dilakukan oleh pengembang website. Proses optimalisasi konten website diharapkan bisa berpengaruh terhadap para pengguna dan mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan Anda bisa menduduki pencarian halaman pertama.

Faktor On-Page SEO

Kata kunci

Beberapa tahun yang lalu, kata kunci kerap dianggap tidak terlalu penting dalam mengoptimasi konten Anda di website. Namun, saat ini, kata kunci merupakan landasan utama SEO di berbagai mesin pencari.

Karena itu, pikirkan apa sih kata kunci yang relevan dengan audiens Anda dan cobalah untuk mengoptimalkan konten situs web Anda di pada kata kunci tersebut.

Meta Description

Meta Description adalah uraian singkat yang muncul di bawah URL pada halaman hasil mesin pencari dan di bawah judul di mesin pencari.  Meta Description  harus menggambarkan keseluruhan isi konten pada halaman Anda. Tetapi, yang lebih penting, pastikan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di area ini sehingga dapat diambil oleh website crawler.  Tipsnya, coba simpan deskripsi Anda hingga di bawah 300 karakter untuk memastikan seluruh deskripsi Anda ditampilkan di hasil pencarian.

Alt Text

Alt text mengacu pada kata atau frasa yang dapat dikaitkan dengan file gambar untuk membantu pengindexan. Jika Anda menggunakan grafik di blog Anda yang menguraikan beberapa kiat lulus tes CPNS, misalnya, Anda dapat menyimpan teks-alt untuk gambar itu dengan “kiat-lulus-tes-CPNS”, dan grafik itu akan mulai memberi peringkat untuk frasa tersebut di  hasil gambar.

Tag Judul

Tag judul mengacu pada judul besar halaman web Anda, atau tajuk utama yang Anda lihat di halaman hasil mesin pencari. Tag Judul tak bisa dianggap enteng. Karena cara ini  sangat penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan dan meningkatkan kemampuan pencarian halaman Anda.

SSL/HTTPS

Kini, faktor keamanan halaman menjadi hal sangat penting. Maka, mengaktifkan teknologi keamanan Secure Sockets Layer (SSL) sangat penting untuk meningkatkan keamanan, kepercayaan, dan visibilitas website atau blog Anda.  Dengan mengaktifkan SSL, Anda meningkatkan kemungkinan bahwa pihak ketiga tidak datang antara server web Anda dan server web pengunjung, memastikan bahwa informasi yang dimasukkan di situs aman.  Demikian juga, Google sebenarnya lebih memilih situs yang mendukung SSL, sehingga penting untuk meningkatkan visibilitas.

Struktur URL

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, struktur URL yang terorganisir sangat penting untuk pengembang website saat ini. Karena, mesin pencari akan menjelajah setiap halaman di situs web Anda dengan lebih mudah. Juga, membuat navigasi lebih efisien bagi pengunjung.

Penautan Link (Internal Linking)

Berbicara tentang penautan link, yang saling menghubungkan halaman di situs web Anda adalah faktor penting lainnya dari on-page SEO.  Menautkan ke halaman lain yang relevan di situs Anda, akan memudahkan mesin pencari untuk menjelajah semuanya, dan juga membuat pengunjung lebih lama berada di halaman Anda.

Performa Halaman

Faktor lain pada on-page SEO yang tak kalah penting adalah masalah kualitas dan struktur konten, kinerja situs web, dan tampilan setiap halaman di web atau blog Anda. Halaman yang membutuhkan waktu yang lama untuk memuat konten di web Anda, alan berpengaruh pada peringat di mesin pencarian. Karena, semakin performa halaman Anda lambat, pengguna akan frustasi dan pergi meninggalkan halaman itu.

Mesin pencari akan mengevaluasi hal tersebut dan menggunakannya sebagai faktor peringkat halaman kunci, sehingga sangat penting bagi pengembang untuk mempertimbangkan ukuran file gambar, mengurangi pengalihan, meningkatkan respon seluler situs mereka, dan meminimalkan jumlah dari CSS / Javascript.

image by freepik

Apa Itu Off-Page SEO?

Nah, sekarang kita beralih membahas apa itu off-page SEO. Apabila on-page SEO mengacu pada faktor-faktor yang dapat Anda kontrol di situs web Anda sendiri, off-page SEO justru lebih merujuk pada faktor-faktor peringkat halaman yang muncul dari situs web Anda, seperti backlink dari situs lain. 

Keberhasilan off-page SEO tergantung pada sejauh mana Anda cara mempromosikan blog atau web Anda ke banyak pengguna. Cara yang biasa digunakan banyak pengembang adalah dengan menggunakan metode digital marketing. Atau memanfaatkan media sosial.

Tentu, semua proses itu hanya bisa dilakukan dengan didahului proses optimasi on-page SEO.

Faktor Off-Page SEO

Tautan balik (backlinks)

Jumlah dan kualitas backlink yang Anda miliki di situs atau web Anda merupakan faktor terpenting dari off-page SEO.  Semakin banyak situs yang menautkan ke halaman Anda, semakin besar peluang web Anda berada di peringkat teratas di mesin pencari.

Otoritas Domain

Otoritas domain adalah ukuran kekuatan bagi sebuah nama domain. Otoritas domain merupakan salah satu dari banyak faktor penilaian peringkat yang digunakan mesin pencari. Domain Authority didasarkan pada tiga faktor: Umur, popularitas, dan Ukuran. Dan penilaian Domain Authority (DA) berkisar antara 1-100.

Promosi Media Sosial

Meskipun peringkat halaman tidak terikat langsung dengan interaksi pada postingan Anda di media sosial, namun strategi ini bisa mengundang banyak klik. Strategi ini hampir digunakan oleh seluruh pengembang website.

Postingan di medsos yang menghasilkan banyak klik tentu akan membantu meningkatkan lalu lintas ke situs dan menghasilkan banyak tautan.

Kesimpulan

Apabila teknik on-page SEO lebih memperhatikan penulisan dan format dalam website. Sedangkan, teknik off-page SEO sangat mementingkan backlink dan marketing di luar website.

Pada intinya, kedua teknik SEO ini saling terhubung untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Exit mobile version