Apa itu WordPress? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

pengertian wordpress

Ada banyak pilihan software pembuat website secara instan di internet. Tanpa harus bisa pemograman bahkan hanya “Drag n Drop” saja Anda sudah bisa memiliki website keren sendiri. Salah satu software web builder paling populer saat ini adalah WordPress.

Apa itu WordPress? Bagi yang sudah berkecimpung lama di dunia web developer pasti sudah tau apa itu WordPress. Tapi bagi seorang pemula mungkin belum mengetahuinya..

Dalam artikel ini saya akan coba menjelaskan apa itu WordPress. Bagaimana awal mula terciptanya, apa saja fungsi, jenis, kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS) paling populer saat ini untuk membuat website tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemograman. WordPress juga bersifat Open Source, yang artinya ia bebas dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapa saja.

Dengan kata lain, jika seseorang merubah dalam hal penampilan, fungsi, atau merek, maka dia tidak akan pernah terkena pelanggaran terkait lisensi atau hak cipta dari pihak pengembang.

Perkembangan WordPress kian pesat jauh dari tujuan sebenarnya. Yang awalnya hanya untuk kegiatan blogging, kini bisa dimanfaatkan untuk tujuan kormesil. Misalnya untuk membangun website perusahaan, media pemberitaan, situs sekolah, blog adsense, blog affiliate, hingga toko online.

Banyak perusahaan-perusahan ternama menggunakan WordPress sebagai platform situs resmi mereka, sebut saja Forbes, Mashable, The New York Times, TechCrunch bahkan CNN. Jika mereka saja menggunakan WordPress, kenapa Anda tidak?

Satu hal lagi ke istimewaan dari WordPress yang perlu Anda ketahui adalah CMS ini memiliki tools yang bernama Plugin. Tools ini berguna jika anda ingin menambahkan beberapa fitur khusus untuk memaksimalkan User Experience website Anda. Misal, Jika Anda ingin menambahkan fitur livechat, Anda bisa menggunakan Plugin Zendesk Livechat atau Plugin Livechat terbaik lainnya.

Atau jika anda ingin menambahkan fitur toko online, Anda bisa instal Plugin Woocommerce untuk menampilkan fitur katalog produk. Selain itu, tampilan homepage WordPress juga dapat diubah sesuka hati sesuai dengan pilihan template gratisan yang modern, elegan dan indah.

Fungsi dan Sejarah Perkembangan WordPress

WordPress tercipta dari dua orang programmer asal Inggris bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Mereka berdua terinspirasi dari aplikasi blogging bernama b2/cafeblog yang menutup layanannya pada januari 2003.

Meski seorang programmer, Matt dan Mike juga seorang penulis blog dan menjadi pengguna setia B2/Cafeblog. Tak mau kegiatan blogging mereka berhenti begitu saja, mereka berpikir untuk membuat aplikasi serupa.

Akhirnya pada tahun 2004 Matt dan Mike berhasil merilis WordPress 1.0 yang fungsi dan fiturnya sama seperti b2/cafelog. Saat itu tampilan awalnya benar-benar sederhana, tidak seperti CMS WordPress yang sekarang yang kaya akan fitur.

Tapi meski begitu, versi awalnya sudah mewakili fitur inti yang kita gunakan saat ini, seperti proses instalasi, manajemen admin, moderasi komentar, membuat postingan, membuat laman, dan permalink. CMS WordPress terus berkembang dan menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Mengapa WordPress?

Ada banyak CMS yang beredar di internet mulai yang gratis hingga berbayar. Namun dari sekian banyak CMS mengapa harus menggunakan WordPress? Berikut Alasannya..

1. Bersifat Open Source

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, WordPress adalah platform yang bisa diubah, dimodifikasi, dan dikembangkan secara bebas tanpa harus ada tuntutan hukum terkait lisensi dan hak cipta. Itulah sebabnya WordPress berkembang sangat cepat jika dibandingkan dengan platform lainnya.

2. Tersedia Banyak Plugin Untuk SEO

Banyak tersedia plugin gratis yang bisa membantu anda menambahkan fitur-fitur khusus. Misal, ketika Anda ingin menambah tombol share media sosial, anda bisa menambahkan plugin media sosial secara gratis. Atau ketika Anda ingin mengoptimalkan website di mesin hasil pencari, Anda bisa menambahkan plugin Yoast SEO.

Baca Juga : Perbedaan SEO Onpage dan SEO Offpage

3. Punya Banyak Pilihan Theme

Selain plugin, WordPress juga menyediakan banyak template untuk mempercantik tampilan website Anda. Jumlahnya tak kalah melimpah dengan plugin, ada banyak pengembang yang merilis template WordPress baik berbayar maupun gratis. Meski gratis itu bukan berarti kalah bagusnya dengan template berbayar.

Anda bisa membuat desain website sendiri sesuai kebutuhan. Misal, anda ingin membuat website untuk restoran, perusahaan, sekolah, pemerintahan, blog (kesehatan, bisnis, teknologi, olahraga, otomotif, kuliner), media pemberitaan, hingga toko online.

4. Mudah Dikelola dan Dikustomisasi

WordPress bisa digunakan oleh siapa saja, baik ia seorang programming maupun orang awam sekalipun. Tidak perduli apakah Anda seorang emak-emak, siswa sekolah, buruh pabrik, ataupun buruh tani yang tidak paham coding, semua bisa membuat website secara profesional di WordPress.

Berbeda dengan CMS lain yang terkadang agak rumit soal pengaturan database hingga desain homepagenya. Jadi apabila Anda seorang pemula yang ingin membuat website untuk usaha atau blog, sebaiknya gunakan WordPress.

5. Support MultiUser

Multiuser memungkinkan suatu website dipegang oleh banyak admin. Ini bisa juga disebut sebagai Collaboration Website. Nah keistimewaan WordPress adalah ia bisa menambahkan lebih dari satu admin untuk mengelola website.

6. Fleksibel Sesuai Kebutuhan

WordPress bisa disetting sesuai kebutuhan. Mau buat website Company Profile, Portpolio, Website Sekolah, Blog Adsense, atau Toko Online, Semua bisa dilakukan dalam satu platform, yaitu WordPress.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa wordPress memiliki banyak pengembang. Mereka memberikan kemudahan agar pengguna lebih leluasa menambahkan fitur-fitur yang ada di dalam WordPress.

7. Mudah Dioperasikan

Sudah jelas kalau wordpress adalah CMS pembuat website yang paling mudah digunakan oleh siapa saja. Baik seorang programmer maupun pemula. Berbeda dengan CMS lain yang terkadang agak rumit soal pengaturan database hingga desain homepagenya. Namun apabila Anda seorang pemula yang ingin membuat website untuk usaha atau blog, sebaiknya gunakanlah WordPress.

Baca Juga : Cara Membuat Postingan Blog di WordPress

8. Jaringan Komunitas yang Besar

WordPress memiliki jaringan komunitas online yang sangat besar. Jika Anda mengalami kesulitan yang disebabkan eror ataupun bug atau masalah lain mengenai WordPress, Anda bisa mengikuti panduan dan tutorial yang diberikan para master disana, baik bahasa Inggris maupun Indonesia.

9. Biaya Murah

WordPress hanya butuh hosting dan domain untuk meng online kan website. Plugin dan tema bisa anda dapatkan dengan cuma-cuma. Tidak perlu membayar programmer profesional hingga puluhan juta rupiah, Anda pun bisa membuat website profesional sendiri di rumah.

Kekurangan WordPress

“Tidak ada (Ciptaan) Manusia yang sempurna, hanya Tuhan lah yang maha sempurna”, Anda pasti setuju soal ungkapan tersebut (apa sih hehe). Sama hal nya dengan WordPress, yang dibalik kepraktisannya ternyata ada juga loh kelemahannya.

1. Tingkat Keamanan

Seperti aplikasi open source lainnya, WordPress memiliki tingkat keamanan yang agak mengkhawatirkan. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi soal itu. Karena sudah ada beberapa Plugin yang membantu dalam mencegah website Anda diserang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Penambahan Fitur Pihak Ketiga

Sebagian besar plugin, theme atau fungsi lainnya dibuat oleh pengembang pihak ketiga (bukan developer wordpress). Maka tak heran terkadang terjadi eror, bug dan nulled.

Solusinya adalah sebelum menggunakan plugin atau theme pihak ketiga, sebaiknya baca dulu penjelasan serta ulasan dari pengguna lain. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya eror akan semakin kecil.

3. Kecepatan Website

Terkadang apabila Anda hendak menambahkan plugin atau tema tertentu, justru membuat loading website menjadi lambat. itulah jeleknya dari WordPress. Sebagai solusi silahkan instal Plugin Caching.

Jenis WordPress

Ada 2 jenis pilihan WordPress, yaitu WordPress.com atau WordPress.Org. Bagi Anda yang baru mencoba WordPress, tentu ini sangat membingungkan. Agar tidak bingung, baca dulu perbedaan keduanya dibawah ini:

1. WordPress Self Hosted – WordPress.org

WordPress Self Hosted merupakan platform atau aplikasi pembuatan situs web yang bisa dimodifikasi secara bebas dan gratis. Namun Anda perlu membeli Hosting dan Domain untuk mengonlinekannya. Jika Anda hanya sebatas belajar, Anda cukup menggunakan XAMPP atau WampServer sebagai server offline.

Kelebihan WordPress Jenis ini adalah Anda bisa memasang Plugin dan template apa saja sesuai kebutuhan. Anda juga bisa mengembangkan sendiri jika paham bahasa pemrograman. Untuk instalasi silahkan unduh terlebih dahulu di situs resmi WordPress.org.

2. WordPress Builder – WordPress.com

Jika ingin membuat website yang benar-benar gratis, Anda dapat menggunakan WordPress.com. Tanpa beli hosting dan domain Anda sudah bisa menerbitkan konten-konten Anda di internet.

Namun sayangnya WordPress.com punya banyak keterbatasan. Tidak seperti WordPress Self Hosted, WordPress Builder/WordPress.com tidak dapat instal Plugin, tidak bisa memilih tema blog yang Anda mau, kapasitas penyimpanan sangat terbatas, tidak bisa pasang iklan, bahkan website bisa dihapus sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sebenarnya WordPress.com merupakan perusahaan penyedia layanan hosting yang menggunakan CMS untuk membuat blog. Jika Anda tertarik membuat blog gratis silahkan kunjungi WordPress.com. Disana Anda akan langsung mendapatkan domain gratis dengan embel-embel wordpress.com dibelakang nama domain, misalkan magixel.wordpress.com.

Jadi sebaiknya gunakan WordPress.org untuk membuat website yang keren dan profesional.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com Untuk pemula

Kesimpulan

WordPress adalah solusi praktis membuat Website tanpa harus paham coding. Meski Anda bukan seorang developer atau programmer, Anda masih bisa membuat website keren dan profesional. Anda pun tidak perlu takut meski baru pertama kali menggunakan WordPress.

Karena Magixel akan membantu Anda membuat website WordPress sampai bisa. Kelanjutan dari artikel ini Anda bisa membaca Cara Membuat Website dengan WordPress Self Hosting. Kami juga akan memberi panduan Cara Optimasi Website WordPress Untuk Pemula.

Exit mobile version