13 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

Plugin WordPress memang ada banyak sekali fungsi dan jenisnya. Bagi kita yang masih awam tentu hal ini sangat membingungkan. Disini kita bertanya-tanya, sebaiknya plugin apa saja yang harus diinstall?

Pada artikel ini saya punya rekomendasi plugin terbaik yang bisa Anda install untuk memaksimalkan Website WordPress Anda. Cara install plugin sudah saya jelaskan pada artikel cara membuat website dengan WordPress.

Salah satu keunggulan jika Anda menggunakan Platform WordPress adalah adanya sebuah Plugin yang sangat membantu sekali bagi penggunanya, bahkan sudah ada 50 puluh ribu lebih plugin gratis yang tersedia di WordPress, kebayangkan begitu beruntungnya kalian, kita sudah di fasilitasi di tambah kita juga di mudahkan dengan segala kelebihannya, yaitu Plugin ini.

Apa sih Plugin itu? Jadi, Plugin adalah sebuah program tambahan yang diintergrasikan dengan WordPress, fungsinya jelas yaitu untuk memberikan fungsi-fungsi tambahan yang belum tersedia di instalasi dafault.

Sebenarnya sudah saya singgung di awal, bahwa ada puluhan ribu plugin gratis yang bisa Anda Download secara langsung di website https://wordpress.org/plugins/, Namun ada juga permasalahan yang sering di alami oleh pengguna WordPress baru, mereka cenderung binggung ingin menginstall plugin apa .

Bahkan, tidak sedikit yang lalai akan hal ini, yaitu asal dalam menginstall plugin, dikit-dikit install plugin, tentu ini akan membuat kapasitas hosting akan semakin berkurang.

Jadi Anda harus pilih-pilih nih dalam menginstall plugin, usahakan install sesuai kebutuhan saja. Kali ini akan ada Rekomendasi kumpulan Plugin yang wajib Anda install di WordPress Anda, apa saja itu yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Yoast SEO

Merupakan salah satu Plugin SEO terbaik dan paling banyak digunakan pengguna WordPress di seluruh dunia. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dan dapat diinstall langsung di WordPress.

Yoast SEO diklaim dapat meningkatkan SEO website. Ketika Anda menerbitkan konten, Yoast akan menggambarkan bagaimana kualitas konten Anda berdasarkan sistem traffic light. Sistem ini juga akan menunjukan bagaimana konten yang Anda buat tampil di hasil pencarian Google.

Selain optimasi hasil pencari (SEO), Yoast juga berfungsi untuk menghubungkan website atau blog ke Google Search Console dan Sitemap.

Baca Juga : Perbedaan On-Page SEO dan Off-Page SEO

Berikut fungsi utama dari Yoast SEO:

2. Akismet (Memfilter Komentar yang Spam)

Sebagai seorang yang berkecipung di dunia website, tentunya salah satu musuh yang sering dihadapai adalah Spammer. Mungkin ada juga sebagaian orang menganggap remeh spammer ini, Namun Anda belum tahu saja apa efek yang akan di akibatkan.

Saya akan contohkan dampak besar jika situs web Anda sudah diindeks dan ditemukan memiliki spam, maka Google akan menilai web Anda negatif, dan penilaian negatif ini akan mengakibatkan situs terkena Pinalti dari Google (di hapus dari hasil pencarian Google)

Inilah peran Akisimet di butuhkan, jadi dengan plugin ini Anda bisa memfilter atau menyaring seluruh Komentar yang masuk di website, Bahkan nih komentar yang di anggap spam juga bisa Anda Blokir.

Mungkin untuk Anda yang baru membuat web dengan WordPress, tidak banyak komentar yang masuk, tapi jika suatu hari nanti web Anda sudah besar Peran plugin untuk mencegah Spammer sangatlah membantu. Fakta menunjukkan di website yang populer jumlah komentar spam bahkan menyentuh angka 85%, itu berati dari 100 komentar yang masuk hanya ada 15 komentar yang sah/ tidak spam.

Jadi jangan sungkan ya untuk menginstall plugin seperti Akismet ini, jadi Anda tidak perlu di bebani untuk Memoderasi komentar yang mendarat di situs web Anda.

Keunggulan Plugin Akismet:

3. Really Simple SSL (Mengalihkan HTTP ke HTTPS)

Sebuah website itu memerlukan suatu protokol kemanan, yang biasa di sebut dengan SSL. peran dari SSL ini sangatlah penting bagi situs website, Fungsinya yaitu untuk melindungi web dari segala tindakan perentasan atau hacking, selain itu manfaatnya adalah web yang sudah menerapakan SSL akan dinilai lebih baik oleh Algoritma Google, bukan hanya itu website Anda juga akan terlihat terpercaya di mata visitor.

Setelah membaca peran penting SSL, maka tindakan kita adalah dengan Mengaktifkannya, Yang termudah adalah menggunakan plugin bernama Really Simple SSL.

Baca Juga : Cara Membuat HTTPS (SSL) di WordPress Melalui Cpanel

Jadi Plugin ini akan mengaktifkan SSL atau menjalankan HTTPS di web Anda dengan hanya satu klik saja. Untuk Anda yang belum mengetahui, jadi sebelum Anda menggunakan Really Simple SSL langsung yang perlu di lakukan adalah Menginstall terlebih dahulu Sertifikat SSL di Cpanel Hosting.

Kemudian Really Simple SSL akan mengganti URL dari HTTPP ke HTTPS, dengan cepat!. Tapi ini juga tergantung pada banyaknya gambar dan media yang ada di library website.

Keunggulan Plugin Really Simple SSL:

4. UpdraftPlus (Mem-backup dan Mengamankan Data WordPress)

Data website adalah suatu aspek yang harus kita perhatikan secara hati-hati, Hal buruk yang mungkin akan terjadi adalah Anda akan kehilangan seluruh data website.

Kerentan yang ada pada CMS seperti WordPress ini meliputi berbagai kasus, seperti contoh Hacking, Server crash, Plugin yang terdapat virusnya, atau Proses pembaruan tema yang tidak aman, hal-hal seperti itulah yang kemungkinan menghilangkan data-data pada website.

Maka dari itu, Backup sangat perlu di lakukan bagi siapa saja pemilik website. Mugkin sebagian dari kalian belum mengenal plugin atau masih Melakukan proses Backup secara manual, ya ini akan memakan waktu tentunya.

Untung saja ada sebuah Plugin bernama UpdraftPlus yang fungsinya untuk mencadangkan atau membackup seluruh data yang ada di website dengan satu klik saja.

Dengan UpdraftPlus Anda bisa melakukan penjadwalan otomatis untuk full backup, data yang sudah di backup ini bisa Anda simpan di Penyimpan internal atau jua bisa Penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, One Dive, dan lain-lain. Itulah kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan Plugin hebat ini.

Keunggulan Plugin UpdraftPlus :

5. WP Super Cache (Meningkatkan kecepatan website)

Kecepatan website tentu adalah faktor yang akan mempegaruhi rangking sebuah situs dan kenyamanan pengunjung saat mengunjungi website Anda, ya kecepatan ini termasuk dalam kategori on-page SEO.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi loading website, Nah salah satu yang termudah dan hemat waktu adalah menggunakan bantuan Plugin caching.

Plugin yang saya rekomendasikan adalah WP Super Cache, Anda bisa menginstallnya secara gratis. Plugin ini menyahikan berbagai data-data statis untuk pengunjung website engan menggunakan bantuan mode_rewrite, PHP, atau Legacy caching (Anda tidak perlu binggung tentang ke3 istilah tersebut)

Sebenarnya ada banyak plugin caching, Namun ada beberapa hal yang menjadi WP Super Caching ini spesial. Anda bisa memulai proses Caching dngan satu klik saja, dan silahkan lihat hasilnya setelah prosesnya selesai.

Percaya ngak percaya ini akan sangat berdampak pada PageSpeed website Anda, jadi file HTML statis akan secara otomatis ditampilkan setiap kali ada pengunjung tanpa perlu loading ulang seluruh quary yang ada di website.

Keunggulan WP Super Cache:

6. Sumo (Meningkatkan interaksi Pengunjung)

Interaksi dari pengunjung sangat di butuhkan bagi sebuah situs web, dengan ini kita sebagai pemilik website bisa tahu apa yang diinginkan dan apa yang dikeluhkan pengujung terhadap webiste kita.

Webiste tidak melulu tentang harus SEO-Friendly (Mesin Pencari), melainkan juga harus User-Friendly (Manusia). Artinya perlu juga memperhatikan setiap visitor yang mengujungi web Anda.

Sumo adalah solusinya, ini merupakan Plugin yang bisa meningkatkan Fungsionalitas dari website, jadi Anda juga perlu juga untuk mendapatkan interaksi secara langsung yang di lakukan visitor. Namun, plugin ini semata hanya berfokus interaksi pengujung.

Sebagai contoh, Anda bisa melakukan jalan untuk melancarkan optimasi Off-page, ya seperti menambahkan Tombol media sosial, membuat heat map, membuat pop-up untuk berlangganan di website, dan masih banyak lagi lah.

Keunggulan Plugin Sumo:

7. Contact Form 7 (Menambahkan formulir kontak)

609609609

Plugin satu ini juga ada kaitannya dengan interaksi pengujung, Tapi lebih berfokus pada bagaimana pengujung menghubungi pemilik website. Ya bagian ini sering di sebut dengan Halaman Contact Form, dan ini masih termasuk dalam elemen penting dalam Anatomi dari website.

Dengan Contact Form 7 Anda bisa membuat halaman kontak tanpa harus bisa Koding, kita tinggal atur sendiri layoutnya langsung dari dalam dasbor plugin dengan sangat fleksibel.

CAPTCHA juga sudah di dukung oleh plugin, selain itu Plugin yang sudah kita bahas sebelumnya, Plugin Akismet juga sudah terhubung dengan Contact Form, tujuannya jelas untuk memfilter setiap spam yang masuk ke kontak kita.

Keunggulan Plugin Contact Form 7:

8. Smush (Mengoptimasi Gambar pada website)

Gambar adalah salah satu dari sekian faktor yang mempengaruhi Kecepatan pada sebuah website, maka dari itu Optimasi sangatlah penting untuk di lakukan, optimasi gambar ini bisa menyangkut berbagai hal, seperti memasang Lazy load atau mengecilkan ukuran foto.

Dengan menggunakan Smush Anda sudah bisa melakukan kedua optimasi gambar tersebut, di tambah dengan berbagai fitur yang sangat membantu dalam proses optimasi pada setiap gambar yang ada di artikel website.

Jadi penggunaan disk space oleh gambar setidaknya akan mengalami pengurangan, dan ini akan mempengaruhi kecepatan website Anda. Ada banyak fitur-fitur keren yang sangat berguna dalam Plugin ini, seperti ada Lossess Compression (Memotong data yang tidak di gunakan tanpa mempengaruhi kualitas gambar), Bulk Smush (Mengoptimalkan hingga 50 gambar hanya dengan satu klik saja), Mendeteksi gambar dengan ukuran yang salah, Mengubah ukuran dari gambar, dan lain sebagainya.

Keunggulan Plugin Smush:

9. Sassy Sosial Share (Membuat tombol share)

Lagi-lagi kita harus masuk ke bagian Interaksi pengujung, kalau plugin satu ini lebih berfokus pada Share ke media sosial. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat jika kita membagikan konten ke media sosial, selain menyempurnakan optimasi off-page, ada juga untuk mendukung website Anda dalam membangun brand-nya dan agar di kenal.

Dengan satu plugin saja, Anda sudah bisa menyempurnakan optimasi off-page yaitu dengan membuat Share button. Sassy Social Share memiliki 100 tombol medsos yang bisa Anda pasang. Anda pun juga bisa mengkostum sendiri bagiamana style button tampil.

Ada dua tipe tombl disini, yaitu inline (di bawah postingan biasanya) dan Fixed (menempel di samping body website biasanya).

Keunggulan Plugin Sassy Social Share:

Plugin Tambahan :

10. WooCommerce (Sangat memudahkan bagi Pemilik situs Penjualan)

Sebenarnya plugin WooCommerce tidak wajib, melainkan ini opsional saja untuk pemilik web yang memiliki sebuah produk atau gampangnya web toko online atau eCommerce.

Ini adalah salah satu plugin hebat dan terbaik yang wajib di gunakan oleh para pengguna situs yang hendak mendirikan toko online, WooCommerce memungkinkan untuk membuat mudah pemlik situs dalam melakukan penjuakan berbagai produk di websitenya.

Disini Anda juga bisa memilih desain tema sesuai dengan brand atau industri yang Anda lakoni. Dengan WooCommerce Anda bisa menjual barang fisik atau digital dengan sangat mudah. Anda bisa menawarkan variasi produk, melakukan konfigurasi secara kompleks pada setiap fitur tersedia, dan bahkan ada juga tambahan Extensions library tambahan yang dapat Anda tambahkan sendiri.

Keunggulan Plugin WooCommerce:

11. Google Analytics by Monsterinsghits (Melihat Statik atau Aktivitas website)

Mungkin jika Anda ingin melihat trafik website, Anda bisa mengujungi situs Analytic Google. Namun itu terlalu repot, ada sih cara yang lebih mudah lagi yaitu menggunakan plugin Analytic dari Monsterinsights jadi nanti Anda bisa melihat secara langsung trafik yang masuk di website Anda melalui menu plugin Monsterinsghts.

Laporan pengujung dengan laporan terperinci seperti Usia, jenis gender, Negara, Perangkat yang di gunakan, dan sebagainya akan di tampilkan. Intinya plugin ini mengambil segala laporan yang biasanya ada di Google Analytic, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang hasil trafik yang di tampilkan, Yang membedakannya mungkin adalah adanya fitur tambahan yang bisa Anda aktifkan.

Keunggulan Plugin Monsterinsight:

12. Broken Link Checker (Melihat link yang sudah mati di Website)

Broken link adalah link mati atau rusak yang ada di website. Dampak nya cukup signifikan, jika Anda membiarkannya menumpuk dan tidak segera Anda perbaiki, membuat ranking website Anda jadi turun atau juga bisa di cap buruk oleh Google. Ini terjadi karena link merupakan suatu interaksi yang biasanya di klik pengujung, jika link tersebut mati maka kemungkinan akan mempengaruhi experience dari pengujung.

Baca Juga : Cara Menaikkan Rating Website Agar Bisa No Satu di Google

Sebenarnya ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecek broken link, namun lebih mudah lagi jika Anda menggunakan Plugin. Plugin yang bisa Anda gunakan adalah Broken Link Checker, dimana Anda bisa memonitor dan mencari link yang rusak dan akan di beritahukan jika ditemukan broken link.

Keunggulan plugin Broken Link Checker:

Kesimpulan

Nah itulah kumpulan plugin wordpress yang wajib Anda install. Plugin di atas sudah terbukti aman ya dan banyak juga pengguna yang menginstallnya. Dalam pemakaiannya, plugin itu sebenarnya juga bisa mengakibatkan hal buruk bagi pemilik web, ya ini jika Anda salah dalam memilih.

Perlu di perhatikan, beberapa plugin di atas mungkin perlu di setting terlebih dahulu setelah Anda menginstallnya, agar kegunaan fungsional dari plugin akan terasa. Jadi Anda bisa mencari refernsi tutorial pemasangan dan setelan yang harus di lakukan.

Exit mobile version