Mudah! 11 Cara Optimasi Channel Youtube Agar Konten Viral

I handle the business operations. With all due respect, Don Eladio.

cara optimasi seo youtube

Media online kini menjadi salah satu tempat untuk mencari penghasilan. semakin banyak yang menggunakan media ini kini meluaskan sayapnya bukan hanya ajang untuk menonton video tapi juga mempromosikan produk. Tak heran para youtuber sukses kerap kali menjadi agen promosi yang banyak dipilih berbabagi brand. Namun demikian menjadi youtuber di posisi puncak tak semudah membalikkan telapak tangan.

Meski ada banyak channel di kanal Youtube, tak semuanya video mampu menjaring penonton secara massive atau bahkan viral. Namun apakah Anda tahu bahwa seorang bintang yang terkenal tak terjadi begitu saja. Ada banyak faktor yang membuat seorang Youtuber terkenal melalui kontennya yang mendadak viral. Persaingan semakin ketat karena semua Youtuber berlomba-lomba untuk merebut perhatian penonton. Tak bisa dipungkiri makin banyak yang menonton makin tinggi juga peluang penghasilan seorang  Youtuber.

Untuk menggugah banyak orang menonton video Anda, konten unik saja tak cukup. Butuh tehnik-tehnik khusus agar video Anda banyak diklik orang serta membuat mereka berlangganan atas karya-karya Anda. Namun demikian Anda tak perlu khawatir karena tehnik-tehnik tersebut bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapapun. Anda hanya perlu melakukan hal-hal yang mendorong orang lebih sering dan mengunjungi channel Youtebe Anda. Lebih rincinya berikut panduan praktis SEO Youtube.

1. Sajikan Konten Video Menarik dan Berkualitas

Setelah memutuskan topik dan konsep video selanjutnya buatlah video tersebut semenarik mungkin. Dari sisi konsep Anda bisa memilih salah satu paling mudah dan banyak dilakukan oleh para Youtuber. Pilih kekuatan pada kata-kata dalam menyampaikan pesan atau dengan memvisualisasikannya.

Jika konsep video Anda berupa diskusi topik-topik menarik atau yang sedang tranding maka penting bagi Anda menyiapkan skrip yang bisa membuat orang penasaran dan tertarik untuk menonton pembahasan topik tersebut. Jika isu sensitif menjadi pembahasan, Anda bisa menambahkan waktu semacam stopwatch pada video. Untuk berjaga-jaga jika video Anda dibuat potongan-potongan yang nantinya bisa menimbulkan masalah bagi Anda.

Selanjutnya jika visual adalah yang paling penting pada konsep video jangan lupa gunakan tehnik pengambilan gambar secara tepat. Editor bemain cukup vital pada konsep video ini. Satu hal lagi yang tak kalah penting dan efektif menjaring penonton adalah dengan menampilkan subtitle atau caption pada setiap ucapan Anda. Ini memungkinkan menjaring penonton lebih luas. Video dengan subtitle atau caption bisa menjadi bagian dari fasilitas yang bisa dinikmati para teman tuli. Penonton video Anda pun akan lebih luas dari berbagai kalangan.

2. Buat Video Degan Durasi Lebih Panjang

Cara agar video banyak dilihat orang salah satunya dengan membuat video berdurasi lebih panjang. Memiliki video berdurasi panjang bisa meningkatkan peluang berada pada peringkat teratas dalam pencarian di kanal Youtube. Anda bisa membuktikannya dengan mencari kata kunci di mesin pencarian Youtube, lalu lihat video yang muncul.

Video lebih panjang selalu mendominasi pada urutan teratas. Sejalan dengan hal tersebut Youtube nyatanya dalam menentukan rangking video bukan hanya pada banyaknya yang menonton melainkan juga lamanya orang singgah di video tersebut. Hal ini cukup masuk akal, mengingat makin lama sesorang menonton makin besar peluang iklan yang ditampilkan pada sela-sela video Anda dilihat oleh viewer pula. Untuk itu penting buat Anda membuat video panjang namun tidak membosankan. Sehingga orang betah berlama-lama, bahkan pada sin-sin penting mungkin akan ditonton beberapa kali. Pengulangan ini tentu sangat menguntungkan Anda. Belum lagi jika orang menyukainya mereka dengan sukarela akan membagikan link video.

3. Gunakan Kata Kunci Yang Tepat

Semua mesin pencari bekerja berdasarkan pencarian para usernya. Begitu juga dengan Youtube. Oleh karenanya ketika Anda membuat konten untuk dibagikan di channel youtube, konsep video bukan satu-satunya yang harus dipikirkan. Hal lain yang tak kalah penting adalah kata kunci untuk video tersebut. Kata kunci membuat karya Anda mudah ditemukan pada pencarian di kanal Youtube. Kondisi ini mendorong penonton terus meningkat dan peluang bertambahnya subscriber di channel Anda makin besar.

Jika sebelumnya sudah terlanjur membagikan video, Anda bisa mengevaluasinya dan lihat apakah kata kuncinya kurang tepat, sehingga penontonnya berjumlah sedikit. Coba tonton ulang dan pikirkan inti dari konten tersebut. Lalu mulailah membuat kata kunci yang tepat pada video. Untuk mendapakan keyword Anda bisa mencarinya di internet. Anda bisa menggunakan Searchtool seperti tubebuddy. Mesin pencari ini akan membantu Anda menemukan kata yang paling banyak dicari oleh netizen. Pilih kata kunci bervolume tinggi dengan tingkat persaingan rendah.  Cara melihat tingkat persaingan rendah, Anda bisa melihat pada grafik trend atau di keyword difficulty. Keyword dengan persaingan rendah biasanya tingkat kesulitannya di bawah 40 %.

4. Optimisasi Judul Yang Digunakan

Setelah mendapatkan keyword langkah berikutnya adalah cara optimasi SEO untuk video Youtube. Langkah awal yang paling mudah yakni menggunakan keyword sebagai bagian dari judul video. Meski demikian langkah ini tak selalu efektif. Seperti diketahui terdapat 400 video yang diuplod pada kanal Youtube setiap menit. Satu kata keyword yang Anda gunakan tidak bisa menjadi SEO boost jika hanya Anda yang memakainya.

Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang dan sematkan di judul video. Gugah para penonton dari kata kunci yang menarik pada judul konten. Anda bisa memberi pesan, dimana ketika mereka menonton video Anda akan menambahkan kemampuannya di bidang apapun itu. Atau beri kalimat menarik yang membuat mereka tak rugi membuang waktu beberapa menit menonton video Anda karena mereka berhasil tercerahkan atas masalah-masalah klasik yang sebelumnya tak ada solusinya.

Misalnya Anda membuat sebuah video tentang bagaimana membuat website. Anda bisa menuliskan Ini Cara Mudah Membuat Website, Siapapun Bisa Melakukannya. Anda perlu lebih dalam memikirkan kata yang mencerminkan isi video. Hindari hanya membuat janji, atau bahkan berbohong pada judul. Hal ini akan membuat user tidak sudi lagi melihat video lainnya.

5. Lakukan Optimisasi Pada Bagian Deskripsi

Judul bukan bagian satu-satunya yang harus dioptimisasi. Anda juga melakukan optimisasi pada bagian deskripsi atas video Anda. Hal ini menjadi salah satu cara memaksimalkan SEO youtube. Gunakan 250 kata untuk mendeskripsikan atas video tesebut. Selipkan beberapa keyword pada kalimat deskripsi. Terutama pada awal kalimat. Buat kalimat yang jelas dan mudah dimengerti. Jangan hanya berpatokan pada algoritma. Saat membuat deskripsi pikirkan juga bahwa follower Anda juga akan membacanya.

Jangan lupa tambahkan akun media sosial dan link website jika Anda memilikinya. Anda juga bisa menambahkan link video yang berkaitan dengan video yang dibagikan. Ini memudahkan penonton untuk langsung menonton video tanpa harus susah payah mengetik judul di mesin pencarian Youtube. Cantumkan minimal dua hingga lima hingga link video.

6. Masukan Hastag Yang Sesuai

Setelah membuat deskripsi jangan lupa sertakan hastag. Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin hastag yang sesuai dengan topik pada video tersebut sebelum dibagikan. Hastag merupakan refrensi Youtube dan para penonton video Anda tidak akan mengetahuinya. Menggunakan hastag juga menjadi salah satu cara mentrendingkan video youtube yang dibagikan pada channel Anda. Untuk mengetahui hastag yang tengah banyak digunakan sebuah website bernama tubebuddy, bisa membantu menemukan hastag yang paling banyak dipakai. Sehingga dapat membantu untuk SEO konten Anda.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan hastag yang digunakan oleh competitor Anda. Caranya mengetahui hastag yang mereka gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi bernama vidiQ. Menggunakan hastag yang sama dengan pesaing Anda berpotensi merebut perhatian penonton untuk menonton video Anda juga. Cara ini cukup efektif mengingat penonton yang ditergetkan sama.

7. Dorong Audience Lakukan Interaksi

Penting untuk melibatkan penonton agar video Anda tak hanya ditonton, namun juga dinantikan. Itu kenapa di awal atau akhir video biasanya para Youtuber mengingatkan kepada para penontonnya untuk mengklik subscribe, menyukai, tombol lonceng (berlangganan video) dan komen pada kolom yang telah disediakan. Interaksi penonton yang tinggi dalam setiap video Anda membuktikan bahwa konten Anda banyak yang menikmati. Setiap interaksi pada video Anda akan mengirimkan sinyal ke Youtube bahwa banyak pemirsa yang menanti karya-karya Anda.

Satu hal yang perlu dikgaris bawahi jika Anda mengaktifkan kolom komentar, yakni tak semua penontin merespon positif. Anggap komentar negatif sebagai kritik atas karya Anda, dan masukan yang bisa membangun diri Anda untuk menjadi lebih baik kedepannya. Jangan terpnacing emosi dan membalas dengan kata-kata yang kurang pantas. Jika terdapat komentar yang Anda rasa benar cukup klik like pada komentar atau bisa menekan pin agar komentar tersebut senantiasa di urutan teratas pada kolom komentar.

8. Buat Thumbnail Semenarik Mungkin

Sesorang memutuskan untuk menonton video bukan hanya dari judul yang menarik tapi juga thumbnail. Youtube sebenarnya secara otomatis dapat menampilkan thumbnail. Hanya saja dipilih secara acak. Sehingga sulit untuk mendapatkan ilustrasi menarik sesuai yang Anda inginkan. Konsep thumbnail harus masuk pada hal yang penting untuk dibuat.

Jadi sebelum mengunggah video, pastikan Anda memilih thumbnail menarik dan mengundang rasa penasaran. Tak bisa dipungkiri tampilan visual pada thumbnail sangat mempengaruhi banyaknya orang mengklik video Anda di laman beranda Youtube. Karena cukup berpengaruh dalam mengundang viewer penting untuk Anda membuat thumbnail sendiri. Buat ilustrasi menarik yang berkaitan dengan tema video. Sin-sin menarik atau inti atas pembahasan video bisa jadi inpirasi pembuatan thumbnail.

Jika masih bingung Anda bisa melihat video-video di Youtube dan bandingkan video dengan thumbnail khusus dengan thumbnail acak dari youtube. Tentu thumbnail menarik menjadi video yang paling ingin Anda tonton. Cara membuat Thumbnail Youtube yang menarik sudah saya tuliskan disini.

9. Buat Play List Video

Membuat play list di kanal Youtube bisa jadi cara agar penoton betah mantengin channel Anda. Hal ini karena mempermudah penonton untuk secara otomatis berlanjut untuk menonton video lebih dari satu. Alih-alih menyaksikan satu video, adanya play list membuat mereka menonton 5-6 video yang  telah Anda unggah. Jadi mulailah buka channel youtube Anda lalu kelompokan video yang saling berkaitan satu sama lain. Anda juga bisa mengelompokkan video dengan melihat berdasarkan viewer. Kelompokkan video dengan video tertinggi dan terendah, sehingga peluang meningkatkan penonton pada video Anda yang memiliki viewer rendah bisa dilakukan secara efektif.

Langkah lainnya yang bisa dilakukan yakni bekerjasama dengan youtuber lain, dengan cara meminta kepadanya agar video Anda masuk playlist mereka. Cari Youtuber yang memiliki konten serupa dengan Anda, tapi bukan termasuk competitor Anda kemudian tawarkan untuk memasukkan video Anda dalam play list mereka. Penonton akan meningkat, karena subscriber partner Anda akan menonton video dan selanjutnya bisa jadi mereka juga berlangganan atas channel youtube Anda. Mengingat efeknya tak hanay meningkatkan penonton, cobalah memilih partner sebanyak mungkin.

10. Membangun Backlinks Berkualitas

Backlinks menjadi salah satu cara mengundang banyak orang menonton video Anda. Cara ini juga dilakukan untuk mengoptimisasi konten pada website dan blog di google. Merupakan bagian dari google youtube pun demikian. Untuk meningkatkan penonton video Anda, coba bagikan link video di banyak tempat seperti website dan blog.  Anda juga bisa meminta ke website lain untuk mengulas video Anda dan mencantumkan link video pada ulasannya.

Jika ulasannya banyak dibaca orang tak menutup kemungkinan pembacanya akan mengunjungi channel video Anda.  Semakin banyak menyebarkan link video semakin besar pula peluang video dilihat banyak orang. Jika backlink Anda terdapat pada peringkat teratas, maka fitur video akan berada di paling atas , tepatnya di halaman pertama pencarian google. Kondisi ini cukup menguntangkan Anda. Semkain mudah dicari semakin banyak pula yang berpeluang menonton.  Kondisi ini bisa menjadi awal video Anda viral. Satu video viral akan meningkatkan penonton vide-video lainnya di channel youtube Anda.

11. Gunakan Platform Media Sosial  

Cara lainnya untuk meningkatkan penonton pada video Anda dengan cara memanfaatkan media sosial. Tak bisa dipungkiri tingginya pengguna media sosial menjadi lahan yang pas untuk Anda menyebarkan link video. Ada banyak cara dalam membagikan link di platform media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram. Tak cukup hanya  menuliskan link pada laman media sosial, Anda perlu membuat caption menarik dari inti video tersebut.

Dorong juga orang-orang terdekat Anda untuk membagikan ulang link video di laman media sosial mereka. Makin banyak dibagikan makin besar pula orang yang mungkin akan mampir di channel youtube Anda.  Lakukan hal yang sama pada video-video yang telah dibagikan di channel Anda. Jika perlu buat potongan video yang menggugah rasa penasaran netizen dan unggah di media sosial, lalu tambahkan link video sebagai keterangan.

Kesimpulan

Memiliki akun youtube yang ramai dikunjungi orang nyatanya butuh kesinambungan antara SEO boost dan kualitas konten. Jadi sebelum membagikan video ada banyakhal yang harus dipertimbangakan. Coba list semua yang dibutuhkan dari mulai ide, konsep, hingga bagaimana cara mengoptimisasi SEO video Youtube agar seperti langkah-langkah di atas. Setelah melakukan step by step yang dianjurkan Anda bisa melakukan evaluasi pada video yang telahd ibagikan.

Analisa seberapa langkah SEO boost yang Anda lakukan untuk konten video tersebut. Sudahkan efektifkan keyword yang Anda gunakan. Selanjutnya coba presentasikan kenaikan viewer pada video Anda mengalami berapa banyak kenaikan.  Setalah selesai dianalisa hasilnnya bisa untuk bahan video berikutnya agar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Exit mobile version