Cara Setting Setelan Blogger Agar Seo Friendly

The Lion Air plane that crashed in the Java Sea last week had faulty airspeed readings during its landing.

cara settingan seo blogger

Setiap blogger pasti ingin agar blog yang dikelolanya bisa lebih ramah terhadap mesin pencari seperti Google atau yang diistilahkan dengan seo friendly agar bisa meraih peringkat yang baik di halaman hasil pencarian Google. Jika platform blog yang digunakan adalah wordpress, maka menjadikannya seo friendly sangat mudah karena sudah tersedia berbagai plugin gratis untuk itu. Tapi bagaimana jika platform yang digunakan adalah blogger? Bisakah menjadikannya seo friendly? Jawabannya bisa, dan caranya akan saya sebutkan di bawah ini.

1. Buat artikel berkualitas

Sebagus apapun settingan sebuah blog, jika tidak diisi dengan postingan berupa artikel-artikel berkualitas maka hal tersebut sia-sia saja. “The Content is King”, kira-kira seperti itu ungkapan yang sering dilontarkan pada pakar seo yang menunjukkan pentingnya artikel berkualitas untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian Google.

Ciri-ciri artikel berkualitas adalah artikel yang original, memiliki struktur yang rapi, serta berisi informasi yang padat dan bisa memberikan jawaban sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pengguna mesin pencari.

2. Setting Tag Meta Deskripsi

Salah satu cara agar blog yang menggunakan platform blogger menjadi seo friendly adalah dengan memasukkan tag meta deskripsi pada fitur yang sudah disediakan, sehingga kita tidak perlu lagi memasukkannya secara manual ke dalam template.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Pertama, masuk masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Fokus di bagian tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu akan muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?”. Anda pilih “Ya”. Setelah itu tinggal masukan deskripsi blog Anda.

Oh ya, setelah semua langkah kedua di atas, pastikan Anda tidak lupa untuk mengklik “Simpan perubahan”.

3. Setting Tag Meta Deskripsi Postingan

Cara berikutnya yang juga perlu dilakukan agar blog yang menggunakan platform blogger menjadi seo friendly adalah dengan mengatur meta deskripsi postingan sesuai dengan keinginan Anda. Adapun cara mengaturnya cukup dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur tag meta deskripsi yang sudah dijelaskan di atas. Setelah itu, setiap kali selesai menulis postingan, Anda tinggal memasukkan deskripsi postingan tersebut di bagian kanan editor postingan.

4. Setting Tag Meta Robot

Mengatur tag meta robot termasuk salah satu langkah yang harus dilakukan jika ingin blog berplatform blogger yang Anda kelola menjadi seo friendly. Sebab, fitur ini berfungsi memberikan instruksi kepada robot mesin pencari terkait halaman mana saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk diindex.

Selain fungsi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur meta robot untuk mencegah duplikat konten yang seringkali terjadi karena halaman arsip dan pencarian. Caranya, silahkan masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu Anda tinggal mengaktifkan tag header robot khusus.  Setelah itu, di bagian bawah tulisan “Laman Arsip dan Penelusuran”, pastikan Anda mencentang kotak bertuliskan noindex, nofollow, dan noarchive. Adapun yang lainnya biarkan saja tanpa perlu melakukan apapun. Setelah itu jangan lupa untuk mengklik “Simpan Perubahan”.

5. Gambar Postingan

Salah satu sebab konten dianggap berkualitas jika disertai dengan gambar yang relevan dengan topik artikel Anda. Agar lebih seo friendly, jangan lupa untuk memasukkan atribut “alt” dan “title” pada gambar yang Anda gunakan.

Memasukkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis sangatlah mudah. Caranya, setelah Anda memasukkan gambar ke dalam postingan, maka cukup klik gambar tersebut > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar.

6. Buat Pengalihan Khusus

Sebuah blog dianggap bermasalah dan tidak seo friendly oleh mesin pencari Google jika terdapat error 404 akibat link yang tidak aktif pada blog tersebut. Biasanya link yang tidak aktif dan mengakibatkan error tersebut berasal dari postingan yang sudah dihapus.

Cara mengatasinya adalah dengan membuat pengalihan khusus. Caranya, masuk terlebih dahulu ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Cari bagian Kesalahan dan pengalihan. Setelah dapat Anda tinggal klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu tinggal mengisi URL yang error (Dari) dan URL yang benar (Kepada), lalu centang permanen. Setelah itu tinggal klik “Simpan perubahan”.

7. Membuat Tautan Permanen

Salah satu cara mudah bersaing di search engine Google adalah dengan menargetkan kata kunci yang panjang atau yang diistilahkan dengan long tail keyword. Sayangnya, default blogger membatasi permalink hanya sampai 6 kata saja. Lebih dari itu secara otomatis akan terpotong sehingga kata kunci Anda terpotong dan judulnya kurang sempurna.

Untuk mengatasinya, Anda tinggal menggunakan fitur tautan permanen saat membuat postingan. Caranya, pilih ‘Tautan Permanen Khusus” yang terdapat di sebelah kanan postingan, lalu masukkan permalin panjang yang Anda inginkan.

8. Gunakan Template Blogger yang Seo Friendly

Penggunaan template blogger yang seo friendly juga termasuk salah satu cara yang seharusnya Anda lakukan jika ingin blog berplatform blogger yang Anda kelola ingin menduduki peringkat yang baik di halaman hasil pencarian Google.

Jangan mudah tergoda dengan template-template blogger gratisan dengan desain menarik yang sangat banyak di luar sana, karena belum tentu seo friendly. Ada beberapa faktor yang menjadi tolak ukur kalau template blogger tersebut adalah seo friendly, misalnya desain yang responsive atau diistilahkan dengan mobile friendly, kecepatan loading, penggunaan schema markup dan yang lainnya.

Sayangnya, rata-rata tolak ukur template blogger yang seo friendly seperti yang disebutkan di atas hanya bisa didapatkan pada template yang premium alis berbayar. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengelola blog secara serisu dan profesional, pastikan Anda hanya menggunakan template blogger yang premium.

Exit mobile version